Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Area Istirahat KM101 Tol Cipali Disebut Aman, Meski Tanah Bergerak

Kompas.com - 15/03/2024, 19:36 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

Sumber Antara

SUBANG, KOMPAS.com - Pengelola jalan Tol Cikopo-Palimanan, Astra Tol Cipali, memastikan area istirahat KM101 Tol Cipali arah Jakarta berfungsi dengan aman meski terjadi tanah bergerak di sekitar area tersebut.

"Agar pelayanan kepada pengguna jalan tidak terganggu, kami langsung melakukan pembersihan di lokasi pergeseran tanah di rest area KM 101 B,” kata Kepala Divisi Operasional Astra Tol Cipali, Sri Mulyo, dalam keterangan di Subang, Jumat (15/3/2024).

Ia menyampaikan, terjadinya pergeseran tanah di area istirahat KM 101 B akibat tingginya curah hujan yang memicu terputusnya saluran irigasi yang terhubung dengan saluran pelimpah.

Atas kondisi itu, aliran air yang tidak terkendali menyebabkan pelemahan sepanjang 30 meter tebing area istirahat. Ia menyebut, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Baca juga: Korban Tanah Bergerak di Bandung Barat Dapat Bantuan Rp 500.000, Cair Sebelum Ramadhan

Namun, tanah bergerak berdampak terganggunya koneksi jaringan internet. serta area lalu lintas kendaraan golongan besar di KM101 B.

Setelah kejadian itu, kata Sri Mulyo, petugas Astra Tol Cipali membersihkan saluran dan pemangkasan pohon tumbang yang menghalangi akses parkir.

Pihak Astra Tol Cipali memastikan fasilitas dan pelayanan di area istirahat KM101 B berjalan tanpa hambatan.

Termasuk bagi pengemudi kendaraan golongan besar, dengan melakukan pengaturan manajemen lalu lintas dengan memaksimalkan tiga jalur keluar di area istirahat KM101 B.

Baca juga: Daerah Terdampak Tanah Bergerak di Bandung Barat Dilarang Kembali Ditinggali

“Kami terus lakukan koordinasi bersama dengan pengelola rest area KM101 B terkait pengaturan lalu lintas di rest area KM101 B."

"Saat ini kami mengoptimalkan tiga jalur exit di rest area dapat digunakan maksimal baik oleh kendaraan golongan I pribadi maupun kendaraan golongan besar,” kata Sri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com