Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-2 Lebaran, Arus Lalu Lintas di Tol Pasteur Lancar Belum Ada Lonjakan

Kompas.com - 08/04/2024, 13:16 WIB
Faqih Rohman Syafei,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Dua hari menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah, arus lalu lintas di exit Tol Pasteur, Kota Bandung, Jawa Barat ramai lancar, Senin (8/4/2024).

Berdasarkan pantauan Kompas.com pukul 11.54 WIB, kendaran yang keluar dari exit Tol Pasteur masih didominasi oleh kendaraan berpelat D.

Meski demikian, kendaraan dari luar kota semisal berpelat B, F, E dan lainnya mulai ramai menuju pusat Kota Bandung.

Baca juga: Belum Ramai, Puncak Arus Mudik di Stasiun Bandung Diprediksi Sore Ini

Di area gardu keluar Tol Pasteur tidak terlihat adanya penumpukan kendaraan, namun sesekali terlihat antrean sekitar 5-6 unit kendaraan pribadi pemudik.

Sebanyak 11 gardu exit Tol Pasteur dioperasionalkan oleh Jasa Marga selalu pengelola untuk melayani para pemudik yang menuju Kota Bandung.

Berdasarkan data yang dihimpun hingga Minggu (7/4/2024) malam jumlah kendaraan yang keluar dari exit Tol Pasteur mencapai 28.894. paling banyak terjadi pada siang hingga sore hari.

Sedangkan pada H-2 Idul Fitri 1445 Hijriah hingga pukul 09.00 WIB kendaraan yang keluar mencapai 2.447 unit. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah seiring kedatangan para pemudik.

Senior Manager Representative Office 3 PT Jasa Marga, Agni Mayvina mengatakan, belum ada lonjakan kendaraan pemudik pada dua hari jelang lebaran baik yang keluar maupun masuk Tol Pasteur.

"Sampai hari kemarin belum mengalami kenaikan volume lalin signifikan per hari ini dan kemarin. Untuk entrance terhadap normal masih minus kemudian, exit masih minus 0,89 persen," ujarnya ditemui di katornya, Senin (8/4/2024).

Baca juga: Bocah 4 Tahun yang Hilang Terseret Arus Drainase Ditemukan Tewas

Dia mengatakan, lonjakan pemudik terjadi di Tol Cileunyi sejak Minggu (7/4/2024) pagi hingga malam hari. Bahkan, lonjakan 54 persen jika dibandingkan hari biasa.

"Khusus Cileunyi memang terpantau dari hari H-4 sudah ada lonjakan lalin kemarin juga ada dari pagi dan malam hari jadi memang ada untuk karakteristik lalin padat di pagi hari juga malam hari di atas jam 20.00 WIB setelah sahur dan puasa," kata Agni.

Dia pun tetap mengantisipasi bila sewaktu-waktu terjadi lonjakan pemudik yang keluar dari exit Tol Pasteur. Hal itu dilakukan demi kenyaman para pemudik.

"Antisipasi tetap kami lakukan bila ada lonjakan kendaraan yang masuk ke Kota Bandung," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com