Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antrean Kendaraan Arus Balik Terjadi di Gentong Tasikmalaya, Jalur Alternatif Singaparna Difungsikan

Kompas.com - 14/04/2024, 15:17 WIB
Irwan Nugraha,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Antrean kendaraan arus balik jalur Selatan Jawa Barat via Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, mulai terjadi sejak Sabtu (13/4/2024) sampai Minggu (14/4/2024) siang.

Kendaraan dari arah Jawa Tengah melewati Kota Banjar, Ciamis dan Rajapolah Tasikmalaya, terus meningkat menuju arah Gentong Tasikmalaya, Limbangan Garut hingga Nagrek Bandung.

Terlebih arus balik bersamaan dengan cuti libur lebaran dengan sebagian besar masyarakat memilih tujuan wisata ke Pantai Pangandaran, Jawa Barat.

Baca juga: Puncak Arus Balik di Terminal Amplas Medan Kemarin dan Hari Ini

Petugas Satuan Lalu Lintas Polresta Tasikmalaya pun mulai menerapkan beberapa upaya penguraian kepadatan kendaraan mulai dari rekayasa one way atau satu arah dan pengalihan arus kendaraan ke jalur alternatif via Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya-Garut Kota-Kadungora sampai ke Simpang Nagrek, Bandung.

“Jadi kita sudah melakukan beberapa upaya untuk mengurai kepadatan kendaraan dengan cara one way hingga pengalihan arus lalu lintas, sebanyak dua kali hingga siang ini,” jelas Kepala Satlantas Polresta Tasikmalaya, Iptu Dede Iskandar di Simpang Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu siang.

Menurut Dede, kepadatan arus kendaraan sudah dialihkan ke jalur alternatif Singaparna di persimpangan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya lewat jalan Cisinga.

Namun, saat kepadatan terurai di Nagrek, Bandung, arus kendaraan satu arah diarahkan kembali ke jalur Gentong.

"Jadi melihat situasi sesuai hasil koordinasi dengan Polres Garut. Kalau kepadatan terurai kita arahkan ke Gentong. Kalau kepadatan terjadi di Limbangan, Garut, kita arahkan ke Singaparna koordinasi dengan Polres Tasikmalaya," tambah Dede.

Meski kepadatan kendaraan terus terjadi, lanjut Dede, arus lalu lintas tidak terjadi kemacetan parah.

Kendaraan masih bisa bergerak melaju ke arah Bandung meski sesekali tersendat di beberapa persimpangan jalan.

“Sampai siang ini, rekayasa arus lalu lintas one way sudah dilakukan dua kali. Alhamdulillah hasilnya berjalan lancar kepadatan kendaraan bisa terkuras,” kata Dede.

Baca juga: Puncak Arus Balik di Terminal Giwangan Diprediksi Hari Ini dan Besok

Kepolisian memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada Minggu malam ini sampai Senin (5/4/2024) besok.

Pasalnya, arus balik Lebaran nantinya diprediksi akan bersamaan dengab kepulangan para wisatawan dari Pantai Pangandaran ke Bandung dan Jakarta via Tasikmalaya.

Namun, bagi para wisatawan dari Pangandaran ke arah Bandung dan Jakarta yang hendak pulang bisa ke jalur Tol Cipali lewat Ciamis, Majalengka atau Cirebon jika kepadatan arus balik di Gentong mengalami kemacetan.

“Kita memprediksi puncak arus balik akan terjadi besok. Karena hari Selasa masyarakat sudah mulai mempersiapkan untuk melakukan aktivitas pekerjaannya,” pungkasnya. (K74-12)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com