Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wacana Dedi Mulyadi-Bima Arya untuk Pilkada Jabar 2024, Zulhas: Kalau Maju Mesti Menang

Kompas.com - 15/06/2024, 18:05 WIB
Muhamad Syahrial

Editor

KOMPAS.com - Muncul wacana Dedi Mulyadi akan berpasangan dengan Bima Arya sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) pada Pilkada 2024.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengatakan, pihaknya tidak menutup kemungkinan tersebut.

"Ya, tentu kami harapkan nanti Bima Arya-Dedi Mulyadi. Kalau maju kan mesti menang ya. Bima Arya-Dedi Mulyadi Insya Allah ya, masih berproses," kata pria yang akrab disapa Zulhas, Sabtu (15/6/2024), dikutip dari TribunJabar.id.

Dia menekankan, PAN telah bertekad untuk mengusung dua kadernya pada Pilkada 2024, yakni Bima Arya dan Desy Ratnasari.

"Harus ada koalisi," ujar Zulhas.

Baca juga: FX Rudy soal Pilkada Solo: Kalau dengan PKS Sudah Selesai, Ngapain dengan Partai Lain

Tanggapan Partai Gerindra

Ketua DPD Partai Gerindra Jabar, Brigadir Jenderal TNI (Purn) Taufik Hidayat mengaku belum mengetahui perihal pemasangan Dedi Mulyadi dengan Bima Arya.

"Saya belum tahu itu, nanti dari pusat. Saya pribadi belum mendengar itu. Nanti akan ditentukan oleh Ketua Umum (Gerindra), Pak Prabowo," ucap Taufik.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM) telah membicarakan wacana pengusungan Dedi Mulyadi-Bima Arya pada Pilkada Jabar mendatang.

"Kami juga sedang melakukan survei sambil menunggu pendaftaran (Pilkada) bulan Agustus. Tentunya survei ini dan penguatan di bawah akan terus dilakukan," tandasnya.

Hasil survei SMRC

Berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Dedi Mulyadi menjadi salah satu sosok dengan elektabilitas tertinggi di Pilkada Jabar 2024.

Baca juga: Jelang Pilkada Sumedang dan Jabar, Nasdem Desak DPW Bentuk Kepengurusan Baru di Kabupaten

Direktur Eksekutif SMRC, Deni Irvani menyampaikan, elektabilitas mantan Bupati Purwakarta itu hanya kalah dari Mantan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.

"Kelihatannya hanya ada dua nama yang cukup menonjol, pertama Ridwan Kamil dengan elektabilitas 25,2 persen, kemudian di posisi kedua ada Dedi Mulyadi," papar Deni, Jumat (7/6/2024).

Dalam jajak pendapat yang dilakukan SMRC kepada 810 orang warga Jabar pada 27 Mei -2 Juni 2024 itu, elektabilitas Dedi Mulyadi mencapai 16,3 persen.

Baca juga: Jelang Pilkada, Khatib di Gunungkidul Diimbau Tak Ceramah Politik Saat Shalat Idul Adha

"Setelah dua nama itu, kami tidak melihat ada nama yang cukup menonjol," ungkapnya.

Di bawah Dedi Mulyadi, ada nama eks Wali Kota Bogor, Bima Arya, dengan elektabilitas 1,3 persen, dan mantan Wakil Gubernur Jabar, Dedi Mizwar, dengan elektabilitas 0,9 persen.

"Nama-nama lain ada banyak sekali disebut tetapi angkanya di bawah 0,9 persen," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com