Salin Artikel

[POPULER BANDUNG] Dampak Gempa M 5,5 Sukabumi | Harga Cabai Capai Rp 50.000 Per Kg

1. Dampak gempa Sukabumi

Gempa dangkal yang berpusat di Sukabumi yang terjadi pada Rabu (16/3/2022) menyebabkan sejumlah bangunan rusak di Jawa Barat (Jabar).

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, bangunan yang rusak berada di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi hingga ke Kabupaten Bandung.

Di Kota Sukabumi ada dua rumah rusak di Kecamatn Lembursitu dan Kecamatan Warudoyong rusak ringan.

Sedangkan di Kabupaten Sukabumi, satu rumah rusak ringan di Kecamatan Tegalbuleud.

Di Kabupaten bandung, satu rumah di Kecamatan Pangalengan dilaporkan rusak ringan dan di Cianjur ada tiga bangunan yang rusak yakni rumah, sarana ibadah, dan sarana pendidikan.

BPBD melaporkan, dari hasil pengamatan ada tujuh bangunan yang mengalami rusak ringan.

Sekitar jam 07.00 WIB, saksi mata melihat sesuatu mirip bayi mengambang dan berputar di saluran sungai.

Setelah dilaporkan ke polisi, mayat bayi tersebut langsung dievakusi ke RS Sartika Asih untuk diperiksa.

Pasca-pencabutan aturan HET Rp 14.000, stok minyak goreng di pasaran tiba-tiba banyak. Salah satunya di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Warga bernama Joya (30) mengaku kaget karena stok minyak goreng menjadi banyak di pasaran setelah harga naik menjadi Rp 23.000 per liter.

Bahkan, minyak goreng kemasan berbagai merek sudah kembali dipajang di salah satu swalayan di Kota Tasikmalaya sejak Rabu pagi

"Aneh, minyak goreng mendadak banyak mulai hari ini di sini. Padahal kemarin sedikit malah kosong. Pas tadi mau saya beli ternyata harganya mahal lagi Rp 23.000 per liternya. Pantesan jadi banyak lagi sekarang minyak gorengnya," ujar Joya (30), yang sedang berbelanja di salah satu swalayan, Rabu sore.

Hadiah itu diserahkan oleh Asisten Daerah Bidang Pemerintahan, Hukum dan Kesejahteraan Sosial Pemprov Jabar, Dewi Sartika di kawasan Cimahi, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022).

Tjetjep berangkat ke Lombok hari ini, Kamis (17/3/2022) didampingi anak dan cucunya. Tjetjep akan mendapat tiket di Royal Box sirkuit Mandalika.

Mendapat hadiah tersebut, Tjetjep pun terharu. Meski hanya bisa duduk di kursi roda, ia semringah lantaran bisa menyaksikan langsung ajang balap motor paling bergengsi tersebut.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disdagin) Dicky Anugerah mengatakan yang menjadi sorotan adalah harga cabai rawit dan bawang yang melonjak naik.

Kenaikan rata-rata sekitar Rp 5.000 per kilogram.

Sementara Diah Hayati (34) pedagang sayuran di Pasar Soreang, Kabupaten Bandung mengatakan harga bawang merah berkisar Rp 28.000-Rp 30.000 per kilo, dari semula Rp 22.000 per kilo.

Sedangkan harga cabai rawit merah Rp 45.000-Rp 50.000 per kilo. Padahal sebelumnya hanya Rp 15.000-Rp 20.000 per kilo.

"Saat ini naiknya sudah hampir 100 persen, belum lagi ketersediaannya juga mulai sedikit, kiriman dari petaninya susah, katanya ini karena cuaca yang buruk," kata Diah.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Dendi Ramdhani, Agie Permadi, Dendi Ramdhani, M. Elgana Mubarokah | Editor : I Kadek Wira Aditya, David Oliver Purba, Gloria Setyvani Putri)

https://bandung.kompas.com/read/2022/03/18/053500078/-populer-bandung-dampak-gempa-m-5-5-sukabumi-harga-cabai-capai-rp-50.000-per

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke