Salin Artikel

Ridwan Kamil: "Contraflow" Diberlakukan dari Arah Jakarta ke Cirebon

Hal itu dilakukan guna mengantisipasi kemacetan menuju arah selatan Jawa Barat.

"Nah prediksi, sesuai prediksi itu hari ini (Kamis). Nah bahkan hari ini, nanti jam 5 sore dari arah Jakarta ke arah Cirebon-Bandung akan (diberlakukan) satu arah," katanya ditemui di Pos Terpadu Cileunyi, Kamis (28/4/2022).

Ia menyebut, sebelum pukul 17.00 WIB kendaraan dari Bandung ke Jakarta masih diperbolehkan.

"Kalau sebelum jam 5, dari Bandung ke arah Jakarta masih diperbolehkan, tapi ada countraflow setelah jam 5 itu akan full, mengantisipasi menjaga kepadatan," terang pria yang akrab disapa Emil itu.

Emil menjelaskan, di setiap jalur mudik di Jawa Barat telah dipersiapkan sejumlah 400 pos.

"Kalau kelelahan ingat jangan dipaksakan ya, bisa istirahat disini ada amakan gratis, ada pijat gratis, yang belum vaksin juga disediakan, agar kita pulang ada rasa aman karena sudah di vaksin," tuturnya.

Ia menyimpulkan, secara teknis persiapan menyambut mudik lebaran 2022 sudah terkendali.

"Kita doakan semoga tidak ada ekses ekses, karena secara teknis keilmuan semua sudah siap aman dan terkendali," pungkasnya.

Belum ada info terkait kebijakan contraflow

Berkaitan dengan informasi contraflow tersebut, Kompas.com mengonfirmasi Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo.

Kapolres Kusworo mengatakan, bahwa kewenangan contraflow dari arah Jakarta ke Bandung bukan wilayah hukum Polresta Bandung.

"Kalau untuk di wilayah hukum Polresta Bandung, belum ada contraflow. Kalau ada (contraflow) itu permintaan Polda," ungkap Kusworo dihubungi Kompas.com, Jumat (29/4/2022).

Hal yang sama pun diungkapkan Polda Jabar. Pihaknya mengatakan, hingga saat ini tidak ada info terkait contraflow di wilayahnya.

"Kita belum ada info terkait kebijakan (contraflow) tersebut," ungkap Kabidhumas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo kepada Kompas.com, Jumat (29/4/2022).

Tompo melanjutkan, saat ini wilayah hukum Polda Jabar masih menggunakan kebijakan one way sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB).

"Sementara kita masih menggunakan kebijakan sesuai SKB Menhub, Dirjen bina marga, dan Kakorlantas terkait penerapan one way di jalur tol Japek Km 47 sampai exit toll Kalikangkung Km 414," pungkasnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/04/29/140201278/ridwan-kamil-contraflow-diberlakukan-dari-arah-jakarta-ke-cirebon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke