Salin Artikel

Tuntut Diangkat Jadi ASN dan Upah Layak, Ribuan Nakes Honorer di Jabar Demo

BANDUNG, KOMPAS.com - Ribuan tenaga kesehatan (nakes) honorer dari berbagai daerah di Jawa Barat berunjukrasa di depan Gedung Sate atau Kantor Pemerintah Provinsi Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/8/2022). 

Mereka meminta pemerintah menaikan status kepegawaian mereka menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) tanpa tes.

Unjuk rasa ini pun imbas dari aturan penghapusan tenaga honorer yang diwacanakan pemerintah pusat tahun 2023.

Ketua Forum Komunikasi Honorer Fasyankes, Suhendri mengatakan, para nakes sudah bekerja keras menyelamatkan masyarakat saat pandemi Covid-19, baik yang bekerja di fasilitas kesehatan besar, kecil, hingga Posyandu.

Para nakes ini khawatir akan nasib pekerjaanya saat aturan itu diberlakukan pada tahun depan.

Suhendri menyebut, jangan sampai mereka kehilangan pekerjaan ketika aturan itu terjadi. Karenanya dalam unjuk rasa ini mereka menuntut haknya diangkat menjadi ASN.

"Ya harapan kami terkait masalah perubahan status perubahan pekerja, kami dari non-ASN nakes maupun non nakes yang bekerja di faskes untuk diakomodir dan diangkat sebagai ASN," ucapnya.

Tak hanya persoalan status, pada saat bekerja pun para nakes ini banyak yang masih mendapatkan honor kecil. Karenanya, mereka menuntut perbaikan upah menjadi layak, sehingga para nakes dapat bekerja dengan maksimal dalam melayani masyarakat.

"Jadi sampai saat ini kami intinya masih mendapatkan upah atau honor di bawah layak," tutur dia. 

https://bandung.kompas.com/read/2022/08/05/145045378/tuntut-diangkat-jadi-asn-dan-upah-layak-ribuan-nakes-honorer-di-jabar-demo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke