Salin Artikel

Primata Langka Surili Dipilih Jadi Maskot Porprov Jabar XIV

Hai itu menyusul ditetapkannya monyet Surili menjadi maskot Kabupaten Bandung yang menjadi tuan rumah di perhelatan akbar Pekan Olahraga Provinsi (Porprov)  Jawa Barat ke XIV tahun 2022.

Surili dipilih jadi maskot Kabupaten Bandung agar surili semakin dikenal dan dilindungi. Satwa ini juga dikenal akan kelincahan dan sifatnya yang hidup berkelompok.

"Untuk maskot, sebelumnya kita punya beberapa pilihan salah satunya burung jalak dan surili, akhirnya kita sepakati monyet surili menjadi maskot," katanya ditemui, Minggu (6/10/2022).

Marlan mengungkapkan pemilihan monyet surili menjadi maskot Kabupaten Bandung dalam ajang Porprov, agar mengingatkan semua elemen, baik atlet, pelatih, kontingen dari luar daerah dan masyarakat Kabupaten Bandung, bahwa satwa ini merupakan hewan endemik Jawa Barat dan memiliki habitat di Kabupaten Bandung dan Cianjur.

"Secara filosofis hewan ini gesit dan lincah, makna dari maskot ini harus dimiliki para atlet atau kontingen yang ada di Kabupaten Bandung agar mampu meraih gelar atau mendali emas dalam gelaran Porprov," katanya.

Surili memiliki nama latin Presbytis comata memiliki ukuran kepala hingga tubuh sekitar 430 - 595 milimeter dan panjang buntut sekitar 560 - 724 milimeter.

Primata ini menyukai dedaunan dan buah. Mereka hidup di kanopi hutan dan aktif di siang hari.

Saat ini, status surili sudah langka. Pada 1990, berdasarkan data IUCN  menyebutkan populasi primata asli Jabar ini tersisa 2.500 ekor.

Pada 2016 tercatat populasi surili diperkirakan tersisa 1.500 ekor. Perburuan liar menjadi salah satu penyebab semakin menipisnya populasi surili.


Melihat habitat asli Surili yang semakin terancam, Marlan mengatakan dalam perhelatan akbar Porprov, Dispora Kabupaten Bandung ingin mengkampayekan keberadaan primata tersebut.

"Kita juga mengkampanyekan hewan yang langka, karena Surili itu merupakan hewan yang ada juga di Kabupaten Bandung, dan kita juga coba menyadarkan seluruhnya agar kembali mencintai lingkungan dan keberadaan Surili. Karena populasinya sudah berkurang dibandingkan dulu," tambahnya.

Jauh sebelumnya surili pernah dijadikan maskot Pekan Olahraga Nasional (PON) pada tahun 2016 saat Jawa Barat menjadi tuan rumah.

Namun, kata Marlan, ada perbedaan dalam penampilan Surili yang dijadikan maskot Porprov tahun ini.

"Dari penggambaran wajah juga beda, posisi kakinya, tangannya, dan ternyata setelah diajukan ke Provinsi ternyata diterima dan akhirnya bisa digunakan," tuturnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/11/06/173603478/primata-langka-surili-dipilih-jadi-maskot-porprov-jabar-xiv

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke