Salin Artikel

Lubang Tambang di Bandung Barat Disulap jadi Danau Wisata, Cuma 5 Menit dari Tol Padalarang

Bekas lubang tambang itu menampung air hujan sampai membentuk sebuah danau yang mempesona dengan hamparan air dan panorama tebing sebagai latar belakangnya.

Objek wisata yang dinamai Tepi Danau ini berada di kawasan Kota Baru Parahyangan, danau bekas lubang tambang itu menjadi pilihan alternatif yang cocok untuk dikunjungi akhir pekan bareng keluarga.

"Suasananya enak, gak bising kendaraan. Danaunya juga indah apalagi ada fasilitas perahu sama perahu bebek-bebekan cocok banget liburan bareng keluarga," kata Pamungkas (30) salah satu pengunjung yang sengaja berlibur bersama keluarga, Jumat (25/11/2022).

Menurutnya, objek wisata baru ini jadi tempat baru wisatawan untuk menghabiskan akhir pekan di Bandung.

Lokasinya yang tak jauh dari gerbang Tol Padalarang menjadi poin tersendiri bagi wisatawan luar kota seperti dirinya.

Bekas lubang tambang

Direktur PT Bela Putera Intiland, Ryan Brasali mengatakan, kawasan Kota Baru Parahyangan semakin tahun semakin dikembangkan dari perumahan, pusat perbelanjaan sampai sektor wisata.

Pengembangan-pengembangan ini menurutnya berlandas pada pemeliharaan dan perlindungan terhadap lingkungan, begitupun dalam membentuk objek wisata Tepi Danau.

"Awalnya dulu ini (lubang) bekas galian pasir. Penambang pasir ini kemudian menggali sampai pada kedalaman 17 meter, lalu ditemukan mata air sehingga airnya naik dan membentuk danau," ungkap Ryan.

Ryan menyebutkan, Kota Baru Parahyangan akan terus mengembangkan sektor hunian dan komersil. Di area yang sama, wisata rekreasi air dengan seluncuran terbesar di Indonesia tengah dibangun.

"Rencananya Waterboom ini selesai di tahun 2023. Ini menambah koleksi objek wisata yang berada di Kota Baru Parahyangan," ucap Ryan.

Menu-menu yang ditawarkan pun cukup beragam sehingga pengunjung tak perlu repot mencari camilan maupun kopi.

Pengelola Baker Street Tepi Danau, Mesayu Pradita, resto yang dikelolanya memang diperuntukkan bagi keluarga yang sengaja menghabiskan waktu libur untuk sekadar bersantai.

“Kami berharap lokasi wisata ini menjadi tempat baru bagi keluarga untuk menghabiskan waktu bersama,” kata Mesayu.

Harga tiket dan jam buka

Pengunjung enggak perlu merogoh kocek terlalu dalam, harga tiket masuk objek wisata Tepi Danau tidak akan membuat kantong kering.

"Voucher masuk weekday sama weekend sama. Cuma Rp20 ribu. Voucher masuk bisa dijadikan alat pembayaran untuk wahana dan makanan," kata Pengelola Tepi Danau, Andrian.

Adapun untuk jadwal buka objek wisata Tepi Danau yakni dari pukul 09.00 - 20.30 WIB.

Pengunjung masih bisa menikmati suasana malam di Tepi Danau namun wahana perahu hanya dibuka dari jam 09.00 - 18.00 WIB.

https://bandung.kompas.com/read/2022/11/25/131455178/lubang-tambang-di-bandung-barat-disulap-jadi-danau-wisata-cuma-5-menit-dari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke