Salin Artikel

Abu Askar Ungkap Alasan Polisi Jadi Target Kelompok Jamaah Ansharut Daulah

SUKABUMI, KOMPAS.com - Bom bunuh diri di Polsek Astanaanyar Bandung disebut menjadi bagian rencana kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

Pelaku bom Vihara Ekayana yang juga tersangka kasus bom Kedutaan Besar Myanmar 2013, Robby Rubiansyah alias Abu Askar, menjelaskan mengapa aparat penegak hukum menjadi target kelompok JAD.

"Saya melihat ada sekian banyak bahasanya cabang JAD itu. Memang salah satunya masih aktif itu Bandung, Bandung Raya lah bahasa mereka," ujar Robby dikutip dari Tribun Jabar, Rabu (7/12/2022).

Bagi kelompok JAD, apabila negara bukan berasaskan Islam, maka statusnya dianggap thougut atau musuh Islam.

"Bagi mereka ketika berbicara satu negara tidak berdasarkan syariat Islam, kemudian tidak ada mencoba perubahan ya mereka kafirkan," jelas Robby.

"Warga sipil pun mereka kafirkan. Aparat penegak hukum, khususnya TNI-Polri membela negara, maka mereka sebut thogut atau penolong sistem setan dan jelas itu target mereka," tuturnya.

Keberadaan JAD ini bukannya seberapa besar dan berapa banyak. Namun seberapa kuat ideologinya, militansi, dan solidaritasnya.

Bila ada kelompok mereka yang tertangkap, jemaahnya akan siap membiayai keluarganya.

"Memang secara ideologi sangat kuat karena mereka ini seperti sel jaringan. Jika ada yang baru keluar dari masa hukuman, mereka akan kembali meraih sebagai ikhwan (laki-laki) dan potensi serupa kejadian seperti yang dilakukan Agus Sujanto (pelaku bom bunuh diri Polsek Astana Anyar)," katanya

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Alasan Aparat Kepolisian Menjadi Target Kelompok Jamaah Ansharut Daulah Diungkap Abu Askar

https://bandung.kompas.com/read/2022/12/08/065628278/abu-askar-ungkap-alasan-polisi-jadi-target-kelompok-jamaah-ansharut-daulah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke