Salin Artikel

Tumpukan Sampah di TPS Gudang Selatan Bandung Meluber Tutupi Badan Jalan

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi, gunungan sampah yang rata-rata sampah rumah tangga mencapai lebih dari dua meter. Tak hanya itu, sebagain jalan Gudang Selatan tertutup sampah.

Luberan sampah ini mengakibatkan, sebagian badan jalan tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. Bau menyengat sampah bisa tercium beberapa meter dari lokasi TPS Gudang Selatan.

Kondisi ini dikeluhkan oleh warga setempat. Salah satunya Meri (48) yang mengaku sangat terganggu dengan aroma busuk yang ditimbulkan dari gunungan sampah di TPS Gudang Selatan.

"Baunya ganggu banget, terus bisa ngaruh ke kesehatan juga," ujarnya saat ditemui, Selasa (26/9/2023).

Disebutkannya, sampah di TPS mulai menggunung sejak TPA Sarimukti terbakar. Akibatnya pengangkutan sampah mulai tersendat.

Meri yang juga berjualan nasi kuning mengatakan, akibat aroma busuk itu membuat usahanya sepi pembeli. Omzetnya pun sampai turun sampai setengahnya.

"Biasanya banyak orang sekitar yang beli, sekarang jadi jarang. Mulai sepi sejak sampah numpuk saja," ucapnya.

Sementara itu, warga lainnya Lilis (61) meminta Pemerintah Kota Bandung segera menyelesaikan tumpukan sampah yang terjadi di TPS Gudang Selatan.

"Semoga bisa cepat diberesin saja. Terus pengakutan sekarang cuma sekali sehari, itu juga kadang ada," katanya.


Sebelumnya, Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin menyebutkan Wali Kota Bandung berjanji akan segera mengatasi penumpukan sampah dalam tiga bulan ke depan.

"Ini janji Pak Pj Wali Kota dicatat tiga bulan beres katanya. Tapi tiga bulan beres itu untuk keteraturan, memang harus ada mindset yang mengubah, jangan hanya sampai pindah-pindah," ucapnya.

Kota Bandung disebut menghasilkan 1.500 ton sampah setiap hari. Sedangkan yang dikirim ke TPA Sarimukti yakni 1.200 ton, jadi ada kelebihan 300 ton.

"Dari 1.200 itu 900 ton organik jadi artinya kalau diolah di awal dari rumah dari wilayah asal itu sangat mengurangi lagi. Dan juga darurat sampah ini harus kita perhatikan," pungkas Bey.

https://bandung.kompas.com/read/2023/09/26/164639478/tumpukan-sampah-di-tps-gudang-selatan-bandung-meluber-tutupi-badan-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke