Salin Artikel

Dijanjikan Uang Berlipat, Warga Cianjur Tewas di Tangan Dukun Pengganda Uang

CIANJUR, KOMPAS.com – Ujang (44) warga Cianjur, Jawa Barat, meregang nyawa di tangan SG (46), seorang dukun pengganda uang. 

Korban tewas di rumah pelaku di daerah Karangtengah Cianjur, Selasa (12/3/2024) dini hari saat hendak menagih uang yang sebelumnya dijanjikan pelaku. 

Kepala Polres Cianjur, AKBP Aszhari Kurniawan mengatakan, pelaku membunuh korban lantaran jengkel kerap ditagih uang. 

“Korban datang ke TKP untuk menagih janji dari si pelaku atas uang yang disetorkan beberapa waktu sebelumnya yang akan digandakan pelaku,” kata Aszhari di Mako Polres Cianjur, Senin (18/3/2024) siang. 

Karena pelaku tidak dapat memberikan uang kepada korban sebagaimana yang dijanjikan, ia lantas menganiaya korban dengan linggis hingga tewas.  

“Pelaku sempat melarikan diri, namun berhasil kita tangkap di persembunyiannya di daerah Cileungsi Bogor, Jumat lalu,” ujar dia. 

Aszhari menegaskan, pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka dengan ancaman pidana maksimal 12 tahun penjara.

Praktik penggandaan uang

Kepala Satreskrim Polres Cianjur, AKP Tono Listianto menambahkan, korban telah menyetorkan uang Rp 8 juta dengan janji kelipatan hingga 100 persen.

“Janjinya pelaku kepada korban, akan langsung ditransfer dari Bank Swiss," ucap dia.

Menurut Tono, pelaku diduga telah menjalankan praktik penggandaan uang sudah lama dengan jumlah korban lebih dari satu orang.

"Informasinya, beberapa korban juga akan segera melaporkan ke Polres Cianjur. Sejauh ini, baru satu ya, yang melapor," ujar Tono.

https://bandung.kompas.com/read/2024/03/18/144556278/dijanjikan-uang-berlipat-warga-cianjur-tewas-di-tangan-dukun-pengganda-uang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke