Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebun Raya Bogor: Harga Tiket, Jam Buka, dan Aturan Masuk Membawa Kendaraan

Kompas.com - 18/01/2022, 23:21 WIB
Dini Daniswari

Penulis

KOMPAS.com - Kebun Raya Bogor merupakan kebun botani yang terletak di pusat Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Kebun Raya Bogor terletak di dalam istana Bogor.

Letak Kebun Raya mudah dicapai, karena dengan luas 87 hektar, Kebun Raya Bogor hampir "memenuhi" pusat Kota Bogor. Setelah memasuki pusat Kota Bogor, Kebun Raya Bogor akan terlihat dari semua sisinya.

Selama ini, Kebun Raya Bogor merupakan tujuan wisata warga Kota Bogor, masyarakat sekitarnya, wisatawan luar kota maupun luar negeri. Selain tempatnya teduh dan lapang, Kebun Raya Bogor menyimpan berbagai tanaman.

Berikut ini sejumlah informasi untuk Anda yang hendak berwisata ke Kebun Raya Bogor:

1. Halaman Istana Bogor

Awalnya, Kebun Raya Bogor merupakan halaman Istana Bogor yang dikembangkan menjadi kebun yang cantik. Ketika, Istana Bogor sebagai tempat tinggal  Letnan-Gubernur Thomas Stamford Raffles dan istrinya Olivia Mariamne Raffles semasa peralihan dari Pemerintahan Inggris ke Kerajaan Belanda di pulau Jawa.

Baca juga: Wisata Virtual ke Kebun Raya Bogor Diminati 10.000 Siswa

Kebun Raya Bogor didirikan oleh Caspar George Karl Reinwardtahli, ahli botani kebangsaan Jerman. Kebun Raya Bogor berdiri pada 18 Mei 1817.

Kesempatan ini digunakan untuk mengupulkan tanaman dan benih Nusantara. Maka, Bogor menjadi pusat pengembangan pertanian dan hortikultura.

2. Isi Kebun Raya Bogor

a. 5 Pillar Kebun Raya

Kebun Raya Bogor memiliki 5 pillar. Pertama, konservasi dengan melestrikan berbagai jenis tumbuhan ex situ (konservasi di luar habitat asli). Kedua, edukasi dengan menyajikan informasi yang jelas kepada pengunjung terutama tentang botani dan konservasi,

Ketiga, penelitian dengan melaksanakan dan memfasilitasi berbagai penelitian dan pengembangan di bidang konservasi, domestikasi, dan reintroducsi tumbuhan serta botani ekonomi.

Keempat, wisata dengan menyediakan wisata alami yang memiliki muatan ilmu pengetahuan. Kelima, jasa lingkungan berupa memberikan ekologis bagi peningkatan kualitas lingkungan.

Baca juga: Tak Sekadar untuk Wisata Edukasi, Glow Kebun Raya Bogor Juga Jadi Platform Riset

b. Fasilitas Sewa Kendaraan 

Selain itu, Kebun Raya Bogor juga menyewakan kendaraan yang dapat digunakan untuk berkeliling kebun raya.

Berikut ini daftar harga rental fasilitas di Kebun Raya Bogor:

No Fasilitas Weekdays Weekend Pax
1 Stuttle Bus Rp 20.000 Rp 25.000  1 orang
2 Sepeda Keranjang Rp 25.000 Rp 25.000  1 jam
3 Sepeda MTB Rp 30.000 Rp 30.000  1 jam
4 Sepeda Listrik Rp 40.000 Rp 40.000  1 jam
5 Scooter Rp 40.000 Rp 45.000  30 menit
6 Golfcart 4 Seat Rp 250.000 Rp 250.000  1 jam
7 Golfcart 6 Seat Rp 300.000 Rp 300.000  1  jam
8 Mainan anak  Rp 20.000 Rp 20.000  15-30 menit
         

c. Kelas Edukasi Kebun Raya Bogor

Dalam bidang edukasi Kebun Raya Bogor membangun kelas edukasi untuk para pengunjung. Para pengunjung dapat belajar tentang dasar berkebun, cara merawat tanaman hias, hingga perbanyakan tanaman bersama praktisi berpengalaman melalui kelas edukasi.

Pengunjung dapat mempelajari berbagai jenis tanaman, salah satunya anggrek bersama para ahli. Adapun, Kelas Edukasi Anggrek akan dilaksasakan pada 22 Januari, 5 Februari dan 19 Februari 2022, di Gedung Samida, Kebun Raya Bogor.

Tidak hanya Kelas Edukasi Anggrek, pengunjung pun dapat belajar menanam Araceae. Kelas dasar berkebun akan membahas ilmu botani dasar, pengenalan umum kebun raya, dan wawasan berkebun dasar secara ringkas dan detail yang  dapat diikuti oleh seluruh kalangan.

Pengunjung dapat mempelajari tentang tanaman Araceae dengan para ahli pada 29 Januari, 12 Februari dan 16 Februari 2022, di Gedung Samida, Kebun Raya Bogor.

Banyak keuntungan yang bisa di dapatkan oleh para pengunjung jika mengikuti Kelas Edukasi tersebut, mulai dari mendapatkan tanaman hingga Tour de Kebun Raya menggunakan shuttle bus. Untuk info selanjutnya dapat menghubungi Visitor Center Kebun Raya Bogor 0251 – 8311362 / +62-852-1566-8934 atau cek Instagram @Kebunraya_id untuk melihat aktivitas yang ada di Kebun Raya Bogor.

3. Pengelola Kebun Raya Bogor

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) berupaya melakukan optimalisasi pelayanan publik dan edukasi yakni bekerja sama dengan PT. Mitra Natura Raya untuk pengelola kebersihan taman, pemeliharaan tumbuhan non-koleksi, dan operasional kebun raya. Sementara, fungsi riset penelitian tetap dilakukan oleh BRIN. 

Ilustrasi kebun raya - Kebun Raya Bogor di Kota Bogor, Jawa Barat.https://kebunraya.id/ Ilustrasi kebun raya - Kebun Raya Bogor di Kota Bogor, Jawa Barat.

4. Aturan Masuk Kebun Raya Selama Pandemi

Sehubungan dengan perturan pemerintah tentang Covid-19 saat ini Kebun Raya Bogor telah dibuka kembali dengan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: 5 Tips Wisata ke Glow Kebun Raya Bogor, Pakai Baju Putih

Pengunjung wajib membawa handsanitizer dan hanya diperkenankan masuk untuk kegiatan olah raga. Pengunjung merupakan perorangan serta tidak dieprkenankan berpiknik/berkerumun sambil membawa makanan dari luar.

5. Aturan Membawa Kenaraan Roda Empat

Hari Senin hingga Jumat, kendaraan roda empat di parkir pada area yan telah disediakan dan tidak diperbolehkan untuk keliling.

Hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional mobil diperkenankan parkir di area kebun raya yang telah disediakan dan dibatasi sesuai dengan kapasitas yang telah ditetapkan.

6. Tiket Online

Pembelian tiket di Kebun Raya Bogor dilakukan secara online.

Harga Tiket

Tiket masuk wisatawan domestik pada hari kerja Rp 16.500

Tiket masuk wisatawan domestik pada akhir pekan Rp 26.500

Tiket masuk wisatawan mancanegara pada hari kerja Rp 16.500

Tiket masuk wisatawan mancanegara pada akhir pekan Rp 26.500

Baca juga: Selama PPKM Darurat, Jalur Pedestrian SSA Kebun Raya Bogor Ditutup

Jam Buka Kebun Raya Bogor:

  • Senin - Jumat : 08.00 - 16.00 WIB
  • Sabtu - Minggu : 07.00 - 16.00 WIB

Melalui pintu 1 dan 3

Berikut caranya pembelian tiket online

  • Buka www.kebunraya.id, pilih Kebun Raya Bogor
  • Registrasi, isi nama lengkap, nomor handphone, email dan password
  • Tentukan jumlah tiket yang dibeli termasuk tiket untuk kendaraan bermotor
  • Konfirmasi pembelian, pengguna akan diarahkan pada halaman konfirmasi jumlah pesanan dan jenis pembayaran, pengguna, lalu memilih jenis pembayaran kemudian klik cek list term and condition dan kemudian klik tombol submit
  • Metode pembayaran, pembayaran dapat dilakukan melalui Credit Card atau QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Jika penggunan menggunakan QRIS, maka pengguna harus melakukan cuplikan layer (screen capture) kemudian pengguna membuka aplikasi pembayaran (BCA, Mobile, OVO, Dana, dan lain-lain), kemudian unggah bercode tersebut dan lakukan pembayaran.

Sumber: https://tiketkebunraya.id/how, https://kebunraya.id/b, https://www.pubinfo.id/ins,  dan bogor.tribunnews.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com