Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telur Elang Jawa di Kawasan Gunung Ciremai Kembali Menetas, Jadi Generasi Ketiga

Kompas.com - 31/05/2022, 22:33 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
I Kadek Wira Aditya

Tim Redaksi

MAJALENGKA, KOMPAS.com – Telur Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) di kawasan Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC), Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, kembali menetas pada Senin (30/5/2022).

Kehadiran anak Elang Jawa ini terarkhir diketahui pada tahun 2020 dan 2021.

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Majalengka Jaja Suharja Senjaya mengatakan, diketahuinya anak Elang Jawa itu saat pihaknya sedang bersama tim monitoring melakukan pengamatan rutin di salah satu sarang pada site monitoring.

Baca juga: Satpam Bank yang Gagalkan Aksi Perampokan dengan Modus Bom Palsu di Majalengka Dapat Penghargaan

 

Secara tidak sengaja, Jaja bersama tim menemukan perjumpaan induk dan anakan Elang Jawa dengan perkiraan usia kurang lebih seminggu.

"Pada saat itu, kami sedang cek lokasi ke lapangan. Sekaligus menengok site monitoring Elang Jawa dan ternyata kami mendapatkan hadiah besar, ada bayi Elang Jawa," kata Jaja dalam siaran persnya, Selasa (31/5/2022).

Kehadiran Anak Elang Jawa ini, meyakinkan Jaja dan tim BTNGC bahwa kondisi ekosistem Taman Nasional Gunung Ciremai saat ini lebih baik.

Baca juga: Kasus Tewasnya 2 Petani Tebu di Majalengka, Anggota DPRD Indramayu Dituntut 12 Tahun Penjara

 

Mereka berharap anak Elang Jawa itu selama dua bulan ke depan dapat mengudara sebagai generasi ketiga penguasa langit Gunung Ciremai.

"Ini adalah bukti bahwa kerja keras teman-teman di lapangan membuahkan hasil. Apresiasi kepada semua pihak, pejabat struktural, nonstruktural, pejabat fungsional teknis terutama teman-teman Pengendali Ekosistem Hutan," tambah Jaja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com