Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Penghubung Dua Kecamatan di Bandung Barat Putus akibat Tertimbun Longsor

Kompas.com - 04/09/2022, 16:48 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Andi Hartik

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Jalan penghubung dua kecamatan di Kampung Topas RT 02 RW 04 Desa Kenangasari, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, putus setelah tertutup material longsor.

Tebing setinggi 10 meter dengan lebar 30 meter longsor dan menimbun badan jalan hingga memutus akses lalu lintas, Minggu (4/9/2022) pagi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat, Duddy Prabowo mengatakan, kejadian longsor tersebut diakibatkan oleh tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Cikalongwetan.

Baca juga: Harga BBM Naik, Pembeli dan Petugas SPBU di Kota Bandung Bersitegang

"Tebing yang mengalami longsor kurang lebih lebar sekitar 30 meter kemudian menimbun jalan dengan ketebalan tanah sekitar 2,5 sampai 3 meter," ungkap Duddy saat ditemui di sela evakuasi.

Jalan yang tertimbun merupakan jalan dengan status jalan kabupaten yang menghubungkan dua kecamatan. Akibatnya, akses jalan dari Kecamatan Cikalongwetan menuju Kecamatan Cipendeuy dan sebaliknya terputus.

"Untuk saat ini jalan ditutup dulu, sementara masyarakat bisa melewati jalan alternatif dengan berputar kurang lebih 2,5 kilometer," kata Duddy.

Baca juga: Ribuan Orang Serbu Bazar Buku Hari Pertama di Bandung Barat, Ada yang Datang dari Bogor dan Bekasi

Sementara itu, proses evakuasi material longsor yang menimbun jalan setebal 2,5 meter masih dilakukan. Petugas harus menerjunkan alat berat dan satu unit mobil pemadam kebakaran untuk menyingkirkan timbunan tanah.

"Saat ini kami BPDB hadir di lapangan bersama aparatur kewilayahan bersama Kapolsek dan Kepala Desa. Untuk evakuasi kita dibantu alat berat dari Dinas PUTR dan 1 unit Damkar dari Kabupaten Bandung Barat yang siap menjalani proses evakuasi pada sore hari ini," ujar Duddy.

Tebalnya timbunan itu cukup merepotkan petugas sehingga masyarakat juga diterjunkan untuk membantu evakuasi dengan alat manual.

"Inginnya secepatnya dan ini bisa kebuka dan masyarakat bisa mengakses jalan yang tertimbun longsor ini kembali," papar Duddy.

Farah Chaerunniza Sejumlah rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah tiba di Indonesia sejak Kamis (01/09/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com