Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stok Logistik untuk Korban Gempa Sisa Sebulan, Pemda Cianjur Alokasikan BTT 2023

Kompas.com - 28/12/2022, 10:23 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com – Bupati Cianjur Herman Suherman memastikan ketersediaan logistik korban gempa aman untuk sebulan ke depan.

Dia akan mengalokasikan dana dari Anggaran Belanja Tak Terduga (BTT) tahun 2023 untuk menopang kebutuhan logistik pengungsi tersebut.

“Saat ini masih ada di gudang, tapi tidak seberapa. Dari kabupaten, kota, dan organisasi setiap harinya selalu ada. Mudah-mudahan bisa terpenuhi untuk kebutuhan masyarakat, minimal sebulan,” kata Herman kepada Kompas.com di kantor PWI Cianjur, Selasa (27/12/2022).

Baca juga: Bupati Cianjur Siap Diperiksa untuk Laporan Dugaan Penyelewengan Bantuan di KPK

Disebutkan, pengelolaan bantuan dilakukan secara transparan dan publik bisa melakukan pengecekan langsung ke gudang-gudang penyimpanan logistik.

“Semua didata mulai tanggal penerimaannya, dari siapanya, dan disalurkannya kapan dan ke siapa. Tercatat, ada bukunya, dokumentasinya,” ujar dia.

Menurut Herman, pada fase transisi tanggap darurat saat ini, pemerintah daerah fokus pada upaya pemulihan.

Recovery pembangunan ini tentunya membutuhkan waktu yang tidak sebentar, sehingga perlu dipikirkan ke depannya,” kata Herman.

Baca juga: Dilaporkan ke KPK karena Dugaan Penyelewengan Bantuan, Bupati Cianjur: Silakan Cek ke Gudang

Ia berharap, dalam fase transisi selama sebulan ini warga yang masih tinggal di tenda-tenda komunal mulai beralih ke hunian sementara (huntara).

"Saat ini para kepala OPD tengah melakukan pendataan terkait rencana pembangunan huntara-huntara ini, semoga bisa secepatnya," ujar Herman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com