Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Heroik Siswa SMP di Kota Bogor, Bantu Mobil Damkar Keluar dari Kemacetan

Kompas.com - 22/01/2023, 22:02 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Andi Hartik

Tim Redaksi

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Sebuah video yang memperlihatkan aksi heroik seorang siswa SMP membantu mobil pemadam kebakaran (Damkar) keluar dari kemacetan di Jalan Raya Empang, Kawasan Bogor Trade Mall (BTM), Kota Bogor, Jawa Barat, viral di media sosial.

Dalam video berdurasi 1 menit 35 detik yang diunggah akun Instagram @humasdamkarciomas, tampak seorang siswa SMP sedang membuka jalur untuk mobil Damkar agar keluar dari kemacetan arus lalu lintas.

Siswa tersebut tampak berlari memberi isyarat kepada anggota Damkar supaya terus melaju ke sisi kanan jalan. Aksi itu ia lakukan di tengah-tengah kepadatan arus kendaraan di jalan tersebut. Berkat siswa itu, mobil Damkar berhasil keluar dari kemacetan.

Baca juga: Jadwal Ganjil Genap dan One Way Saat Libur Imlek di Puncak Bogor

Wakil Komandan Regu 3 Damkar Sektor Ciomas, Kabupaten Bogor, Budi Faturachman mengatakan, aksi heroik yang dilakukan siswa SMP itu terjadi pada Kamis (19/1/2023) sekitar pukul 16.00 WIB.

Ia menceritakan, saat itu petugas Damkar dalam perjalanan pulang usai bertugas menangani Jabar 65 atau kebakaran pada lapak rongsok di wilayah Wanaherang, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Baca juga: Terseret Arus Kali Citeureup, 2 Remaja di Bogor Tewas Tenggelam

"Jadi rekan di sana minta perbantuan ke (Damkar) Ciomas. Jam 9 kita langsung berangkat ke TKP dan selesai pas ashar. Api bisa padam itu ashar. Kita balik kanan," kata Budi menceritakan saat dirinya berada di lokasi kepada Kompas.com, Minggu (22/1/2023).

Saat mobil Damkar memasuki Jalan Empang, BTM, Kota Bogor, terjadi kemacetan sehingga anggota terjebak. Hingga tiba-tiba, anak sekolah itu muncul ke depan mobil Damkar yang sedang terjebak macet.

Budi yang saat itu berada di dalam mobil Damkar pun terkejut. Sebab, anak sekolah itu masih membawa tas dan tiba-tiba berlari melewati trotoar membantu petugas damkar menembus kemacetan.

"Jadi saat itu saya lihat ada anak SMP lagi jalan kaki di trotoar samping mall BTM itu. Terus pas lihat kondisi padat, dia spontanitas langsung buka jalur buat kita, diarahin ke kanan sama dia, itu pas mau sampai lampu merah Empang," ungkapnya.

"Kita kejadiannya pas mau balik, beres memadamkan kebakaran. Jadi prosedurnya, kita mau berangkat atau pun mau balik selesai penanganan itu harus cepat-cepat ke sektor jaga wilayah. Jadi pemadaman api di lapak rongsok itu sudah beres. Kita balik kanan untuk stand by. Berkat dia Damkar bisa keluar dari kemacetan," imbuhnya.

Budi merasa terharu dan berterima kasih kepada siswa SMP tersebut. Budi menyebut, siswa tersebut bernama Alvin, siswa SMPN 7 Kota Bogor. Rencananya, pihak Damkar bakal memanggil siswa tersebut untuk memberi apresiasi atas aksi terpuji yang dilakukannya.

"Terharu, bangga, ada bocah SMP yang peka gitu. Kita sangat terima kasih sama dia. Pokoknya applause buat si Alvin. Apalagi di Bogor ini lagi banyak tawuran, gangster motor seusianya dia. Tapi, ternyata masih ada anak SMP paham dan peduli soal kemanusiaan begini. Mudah-mudahan dengan adanya viral ini bisa menginspirasi orang lain, terutama anak-anak seusianya," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com