Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Mudik Diprediksi Mulai Ramai pada 18 April, Pemudik Diimbau Tak Berhenti di Bahu Jalan Tol Cipali

Kompas.com - 11/04/2023, 19:24 WIB
Muhamad Syahrial

Editor

KOMPAS.com - Kapolda Jawa Barat (Jabar), Irjen Pol Akhmad Wiyagus memprediksi arus mudik lebaran tahun ini di Tol Cipali akan mulai terjadi pada 18 April 2023.

"H-4 (lebaran) diprediksi arus mudik mulai mengalami peningkatan di tol Cipali khususnya, dan akan berlanjut hingga H-2," kata Akhmad, dikutip dari TribunJabar.id, Selasa (11/4/2023).

"Tanggal 19 (April 2023) juga pegawai swasta hari terakhir masuk kerja sehingga diperkirakan tanggal 20 April atau H-2 akan terjadi lonjakan arus mudik," imbuhnya.

Oleh sebab itu, Akhmad mengatakan, jajaran Polda Jabar melakukan pengecekan terhadap kesiapan Pos Pengamanan Lalu lintas Arus Mudik (Pos PAM) di Rest Area 86A dan 102A Tol Cipali Subang, pada Selasa (11/4/2023) siang.

Baca juga: Alami Peningkatan, Arus Mudik di Terminal Jombor Sleman Didominasi Mahasiswa

"Siang ini kami meninjau kesiapan Pos PAM mudik 2023 di kawasan rest Area 86A dan 102A Tol Cipali yang akan digunakan untuk pengamanan arus mudik mendatang," ujar Akhmad.

Dia mengungkapkan, berdasarkan peninjauannya, persiapan Pos PAM menjelang arus mudik lebaran telah matang dan siap digunakan.

"Adapun untuk Rest Area 86A nantinya akan digunakan oleh petugas untuk menjaga keamanan dan keselamatan para pengguna jalan selama arus mudik dan balik," ucap Akhmad.

"Sedangkan Rest Area 102A digunakan untuk Pos Pemantauan jalannya arus mudik serta tempat istirahat para pemudik," sambungnya.

Imbauan Kapolres Subang

Sementara itu, Kapolres Subang, AKBP Sumarni mengaku bahwa pihaknya telah siap untuk mengamankan jalannya arus mudik lebaran 2023.

Baca juga: Puncak Arus Mudik Diprediksi 19 April 2023, Sebanyak 634.615 Kendaraan Bakal Melintas Tol Semarang-Batang

"Semua persiapan untuk mengamankan jalannya arus mudik sudah kita siapkan baik di tol Cipali maupun Jalur Pantura," ungkap Sumarni.

Dia mengimbau kepada para pemudik agar selalu mengutamakan keselamatan dan mematuhi tata tertib berlalulintas supaya selamat sampai kampung halaman.

"Sebelum mudik, periksa kelayakan kendaraan terlebih dahulu, demi kelancaran dan keselamatan selama perjalanan mudik," imbaunya.

Selain itu, Sumarni pun mengingatkan kepada para pemudik yang melewati tol Cipali agar tak berhenti atau beristirahat di bahu jalan.

"Belajar dari mudik tahun lalu, banyak ditemukan pemudik yang beristirahat dan memarkirkan kendaraannya di bahu jalan, hal ini sangat membahayakan bagi para pemudik dan bisa memicu kecelakaan," jelasnya.

Baca juga: Aturan Pembatasan Angkutan Barang pada Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023

Sumarni melanjutkan, Polres dan Pemerintah Daerah (Pemda) Subang sudah memasang 23 CCTV untuk memantau kelancaran arus mudik di wilayah Kabupaten Subang.

"Sebagai upaya memberikan keamanan dan keselamatan selama perayaan Idul Fitri 1444 H," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul "Arus Mudik Diprediksi Mulai Ramai 18 April, Kapolda Jabar Cek Pos PAM di Rest Area Tol Cipali Subang"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com