Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situasi Terkini Gerbang Tol Cileunyi, Ada Antrean Panjang Kendaraan

Kompas.com - 30/04/2023, 18:35 WIB
M. Elgana Mubarokah,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pada H+7 lebaran 2023, gelombang arus balik di Gerbang Tol Cileunyi, Bandung, Jawa Barat, semakin terlihat.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Minggu (3-/4/2023) sore, tepat di depan Gerbang Tol antrean sudah mengular dari arah Cipacing menuju pintu tol.

Antrean tersebut sudah terlihat sejak pukul 14.00 hingga sore hari. Kondisi itu diperparah dengan adanya beberapa bus antar-kota yang berhenti di "terminal bayangan" Cileunyi yang mengarah gerbang tol.

Tak hanya itu, kepadatan di jalur arteri Cileunyi yang berada tepat di depan Pos Pengamanan Cileunyi pun ikut memperparah situasi.

Baca juga: Puncak Arus Mudik di Tol Cileunyi Bandung Diprediksi 19-20 April, Tambahan Gardu hingga Alat Mobile Reader Disiapkan

Supervisor Pintu Tol Cileunyi, Elih Mulyawati membenarkan terjadi kepadatan di tol Cileunyi. Ia menyebut belasan ribu kendaraan telah melintas dan masuk gerbang tol Cileunyi menuju Jakarta.

"Data masuk Tol Cileunyi per hari ini dihitung sejak pukul 00.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB siang itu sebanyak 15.479 kendaraan yang masuk ke arah Jakarta," katanya dikonfirmasi, Minggu (30/4/2023).

Data tersebut seimbang dengan jumlah kendaraan yang keluar Tol Cileunyi dari arah Jakarta ke Cileunyi.

"Tapi tetap saja, lebih banyak kendaraan yang masuk ke arah Jakarta, kalau dari arah sebaliknya itu sebanyak 14.025 kendaraan," terang dia.

Pihaknya menyebutkan data tersebut tak berbading jauh dengan data kendaraan yang keluar tol Cileunyi. Namun data tersebut masih di bawah kendaraan yang masuk ke tol Cileunyi.

"Sehingga data yang direkap masih dominan banyak yang masuk ke tol Cileunyi. Kemarin 29 April 2023, yang masuk ke tol sekitar 38.204 kendaraan. Kemudian yang keluar sebanyak 36.125 kendaraan," jelasnya.

Pihaknya mengimbau bagi para pemudik yang akan kembali ke tempat tujuan melalui tol Cileunyi supaya mempersiapkan E-toll. Kemudian isi saldonya dengan cukup.

"Siapkan cadangan uang receh untuk siap-siap ada kendala dalam transaksi," tuturnya.

Baca juga: Volume Kendaraan Meningkat, Wilayah Cibiru, Cinunuk hingga Cileunyi Didominasi Pemudik Roda Dua

Dia meminta masyarakat untuk mengunduh aplikasi trevoy, sehingga bisa mengetahui kondisi arus lalu lintas yang akan dilewati.

"Dowload trevoy, info tentang rekayasa, baik one way maupun pemberlakuan contra flow di wilayah jalan tol. Jika ada hambatan hubungi TIC (Taffic information Center) Jasamarga," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com