Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Tiba-tiba Runtuh Saat Hujan Deras, Sepasang Lansia di Bandung Barat Jadi Korban

Kompas.com - 09/05/2023, 15:50 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Sepasang suami istri lansia menjadi korban reruntuhan ambruknya sebuah rumah di Kampung Cibatu, Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat pada Senin (8/5/2023) malam.

Rumah milik Umin (68) tiba-tiba runtuh saat hujan deras mengguyur wilayahnya sejak semalam.

Reruntuhan rumah tersebut kemudian menimpa Umin dan istrinya saat beristirahat di dalam rumah sekitar pukul 23.30 WIB.

Baca juga: Infrastruktur Rusak di Aceh Akibat Banjir dan Longsor Tembus Rp 35 Miliar

Petugas Lapangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat Suheri mengatakan, rumah tersebut dihuni oleh dua kepala keluarga dengan jumlah penghuni tujuh orang, sementara korban yang terkena runtuhan dua orang.

"Korban atas nama Umin mengalami luka ringan di bagian kepala dan tangan. Sementara istrinya atas nama Yayat mengalami luka berat di bagian kepala dan bagian tangan retak," ungkap Suheri saat dihubungi, Selasa (8/5/2023).

Kedua korban yang tertimpa reruntuhan bangunan rumah langsung dibawa ke rumah sakit Kharisma Cimareme untuk mendapat pertolongan medis.

"Pemilik rumah saat kejadian sedang duduk di tengah rumah, tiba-tiba atap rumah roboh menimpa saksi dan anggota keluarganya yakni istri dan anaknya tertimpa material bangunan," kata Heri.

Baca juga: Berdiri di Kemiringan dan Tanah Labil, Perumahan di Bandung Utara Diduga Abai Dampak Lingkungan

Dari hasil asesmen di lokasi kejadian, penyebab runtuhnya rumah milik Umin diduga disebabkan lantaran kondisi rumah yang sudah lapuk dibarengi dengan hujan deras disertai angin kencang saat kejadian.

"Penyebab kejadian diduga karena hujan dengan intensitas tinggi disertai angin juga kondisi rumah yang sudah tua atau usang," paparnya.

Akibatnya, rumah yang tak kuat menahan hujan deras disertai angin kencang mengalami runtuh tiba-tiba dan menimpa para penghuni yang tengah beristirahat pada waktu malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com