Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Kelompok Penyanyi Jalanan Luncurkan Album Kompilasi Musik Trotoar...

Kompas.com - 26/07/2023, 22:38 WIB
Reni Susanti

Editor


BANDUNG, KOMPAS.com - Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ) Bandung meluncurkan album kompilasi musik trotoar yang bertajuk Langkah di Pelataran.
Album yang berisi 10 lagu itu merupakan karya para musisi jalanan Kota Bandung. Lagu tersebut berdasarkan hasil seleksi maupun kurasi.

“Ini album kedua setelah album kompilasi sebelumnya tahun 2014,” ujar Ketua KPJ Bandung, Cepi Suhendar saat peluncuran album di Stadion Sidolig, Bandung, Rabu (26/7/2023).

Peluncuran album ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Workshop Album Kompilasi Musik Trotoar KPJ yang sukses diselenggarakan di Bandung Creative Hub pada 26 Juni 2023.

Baca juga: Sidang Suap Eks Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Fee Proyek Dishub Bandung 5-10 Persen

Sebelumnya, ada beberapa rangkaian acara yang dilalui. Dimulai dari proses pengiriman karya pada 15-23 Juni 2023, kemudian dilanjutkan dengan tahap penjurian yang dilaksanakan pada 24 Juni 2023.

Setelah itu, peserta yang lolos mengikuti Workshop Album Kompilasi Musik Trotoar KPJ yang berlangsung pada 26 Juni 2023 di Bandung Creative Hub untuk memberikan bekal dan inspirasi bagi para peserta untuk berkarya.

Dalam acara ini juga terdapat coaching clinic yang dilaksanakan 27 Juni 2023.

Baca juga: Cerita Pandawara Group 3 Kali Bersihkan Sungai Cikeruh di Kabupaten Bandung

Pada kegiatan itu, para peserta mendapatkan kesempatan untuk belajar lebih dalam tentang berbagai aspek dalam dunia musik dari para ahli.

Kemudian dilanjutkan dengan proses rekaman lagu-lagu yang terpilih untuk album pada 3-14 Juli.

Peserta yang berhasil masuk dalam album ini, yaitu Antophila, Dimensi, Blind Stick, Oded Debentos, Bolang, Pahlawan Squad, Phobia Cinta, Dulur BKR, Dream Team, dan Hejoroki.

Mereka semua berhasil menciptakan karya-karya yang inspiratif dan kreatif dalam berbagai genre yang diusung oleh para peserta, album ini menawarkan kekayaan ragam musik lokal yang patut diapresiasi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Arief Syaifudin mendukung album kompilasi itu agar KPJ tidak hanya berkarya di jalanan tapi juga di industri musik.

Ia berharap, KPJ Bandung bisa meningkatkan kemampuan bermusik, bernyanyi, hingga masuk dapur rekaman. Pemkot juga menurutnya ikut membantu agar KPJ bisa tampil di pusat-pusat perbelanjaan.

“Ini juga salah satu cara agar mereka bisa meningkatkan pendapatannya,” kata Arif.

Album Kompilasi Musik Trotoar KPJ dapat dinikmati melalui platform online, seperti Spotify dan Joox. Selain itu, musik dan video klip dari Album Kompilasi Musik Trotoar KPJ juga bisa ditonton melalui kanal YouTube Patrakomala Bandung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com