Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1 Siswi SD Korban Keracunan Jajanan Cimin di Bandung Barat Meninggal

Kompas.com - 28/09/2023, 11:45 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Krisiandi

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Suasana haru selimuti kediaman RNN (9) bocah SD di Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat meninggal dunia setelah mengalami keracunan makanan.

RNN dilarikan ke rumah sakit setelah mengeluhkan gejala mual, pusing, muntah-muntah, dan diare.

Bocah SD itu diduga mengalami keracunan setelah mengonsumi jajanan aci mini (cimin) di sekolahnya, Selasa (26/9/2023).

Baca juga: 11 Warga di Ende Keracunan Usai Konsumsi Daging Anjing Mati, 1 di Antaranya Meninggal

"Dari puluhan pasien yang mengalami keracunan makanan, ada 1 siswi kelas 3 SD meninggal dunia di Rumah Sakit Dustira Cimahi," ujar Kepala Puskesmas Saguling, Burhan saat ditemui, Kamis (29/9/2023).

RNN mengeluhkan gangguan pencernaan setelah mengonsumsi jajanan di sekitar sekolah. Sehingga ia dirujuk ke Rumah Sakit Dustira pada Rabu (28/9/2023) malam.

Menurut keterangan rumah sakit, RNN memiliki riwayat penyakit bawaan atau komorbid berupa kelainan darah atau talasemia.

RNN spernah memiliki riwayat kontrol kesehatan dari rumah sakit hasan sadikin (RSHS) Kota Bandung.


"Dari data yang kami terima, (RNN) punya penyakit penyerta atau komorbid yaitu talasemia atau kelainan darah. Penyakit bawaan itu diketahui dari riwayat kontrolnya ke RSHS," kata Burhan.

Burhan menjelaskan, keracunan makanan yang dialami RNN memperparah kondisi kesehatan fisik sehingga kondisinya melemah dan meninggal dunia saat perawatan di Rumah Sakit Dustira.

"Dugaannya awal penyebabnya dari jajanan cimin berbumbu pedas, mungkin dari pedasnya ini. Sekarang lagi dilakukan investigasi dengan diambil sampel makanannya untuk diuji apakah dari situ mengandung bahan bahaya atau tidak," tandasnya.

Diberitakan, sebanyak 32 orang siswa SD di Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, mengalami keracunan massal.

Baca juga: Puluhan Siswa SD di Bandung Barat Keracunan Jajanan Cimin

Mereka mengalami gangguan pencernaan setelah mengkonsumsi jajanan aci mini (cimin) yang mereka dapat dari pedagang sekitar SD Negeri 3 Jati, Desa Saguling, Kecamatan Saguling, Bandung Barat pada Selasa (26/9/2203).

Dinas Kesehatan (Dinkes) Bandung Barat mencatat, jumlah siswa yang mengalami keracunan sebanyak 32 orang.

Rinciannya 11 rawat jalan, 14 dirawat di Puskesmas Saguling, 3 anak dirawat di Rumah Sakit Kartini, Klinik Asyyida 1, 1 dirawat di Rumah Sakit Cahya Kawaluyaan (RSCK), dan 1 siswa meninggal dunia setelah sempat mendapat perawatan di Rumah Sakit Dustira.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com