Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBY: Janji Muluk Biasanya Tidak Dapat Diwujudkan

Kompas.com - 10/01/2024, 16:51 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com- Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melaksanakan safari politik di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Presiden RI ke-6 ini hadir di antara ribuan kader partai dan warga Cianjur di Pendopo Tumaritis, Cianjur, Rabu (10/1/2023).

Di kesempatan itu, SBY menyentil janji-janji politik yang kerap diumbar para calon dalam Pemilu 2024 di masa kampanye saat ini.

“Sekarang banyak kampanye ria macam-macam yang akan dilakukan. Kalau ada yang berjanji muluk-muluk biasanya tidak dapat diwujudkan,” kata SBY dalam sambutannya, Rabu.

Baca juga: SBY Minta Capres dan Cawapres untuk Hemat Berjanji

Disebutkan, Partai Demokrat fokus mengutamakan dalam menciptakan lebih banyak pekerjaan, meningkatkan penghasilan dan daya beli masyarakat agar dapat mencukupi kebutuhan sehari hari.

“Ini bukan hanya janji, yang Demokrat sampaikan ini yang dulu pernah kita lakukan,” ucapnya.

SBY mencontohkan, selama dekade kepemimpinannya sebagai presiden, 1,1 juta pegawai dan guru honorer diangkat menjadi ASN, menaikkan gaji pegawai setiap tahun, termasuk mengeluarkan program-program pro rakyat, seperti BOS, KUR, Bidik Misi, BPJS, dan lainnya.

“Selama 10 tahun itu, ekonomi tumbuh 6 persen. Karena tumbuh maka pengangguran turun tajam, kemiskinan turun tajam. Pendapatan rakyat meningkat secara signifikan, utang kita pun, IMF kita lunasi dan akhirnya turun dibandingkan pendapatan nasional,” ungkap SBY.

“Jadi, jelas Demokrat tidak mengada-ada dan tidak mau berjanji yang tidak bisa diwujudkan,” sambung dia.

Baca juga: 9 Pejabat Polda Banten Diganti, Mantan Sespri SBY Jabat Dirpolairud

Karena itu, SBY mengajak kader partai dan masyarakat Cianjur turut memenangkan Demokrat demi bisa masuk ke dalam pemerintahan dan semakin besar di parlemen.

“Karena kalau Demokrat kembali ke pemerintahan maka bisa banyak berbuat untuk ikut menentukan program-program dan kebijakan pemerintah, agar lima tahun ke depan yang diutamakan tiada lain untuk meningkatkan ekonomi dan keejahteraan yang lebih baik bagi rakyat,” ujar SBY.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com