Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Ratusan Warga Geruduk Maling Motor di Balaidesa Setupatok Cirebon

Kompas.com - 25/04/2024, 14:23 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Reni Susanti

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com - Video amatir ratusan warga menggeruduk kantor Balai Desa Setupatok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, viral di sejumlah media sosial.

Ratusan warga mengincar terduga pelaku maling motor saat proses evakuasi petugas kepolisian. Penggerudukan ini pun berlangsung dramatis.

Video berdurasi 1 menit 30 detik menggambarkan suasana mencekam saat tim Resmob Satreskrim Polresta Cirebon Kota berusaha mengamankan pelaku pencurian sepeda motor, yang berlangsung Rabu (25/4/2024) tengah malam.

Baca juga: 3 ABK di Cirebon Tewas, Diduga Keracunan Usai Telan dan Hirup Solar

Polisi membawa pelaku berinisial S dari dalam ruang Balaidesa ke mobil petugas.

Petugas berusaha mengamankan S (41 tahun) dari amukan warga yang menunggu tepat di depan pintu keluar.

Tak disangka, saat petugas keluar ruangan, warga langsung menyerang pelaku hingga sempat terjadi aksi saling dorong antar warga dengan petugas.

Proses evakuasi semakin dramatis lantaran warga meluapkan emosi yang tak terbendung. Mereka menarik dan memukuli pelaku meski tengah dalam penjagaan petugas.

Baca juga: Video Viral Pengemudi Mobil Diduga Diadang Komplotan Perampok di Pekanbaru, Polisi: Belum Ada Laporan

Kasat Reskrim Polres Cirebon Kota, AKP Anggi Eko Prasetyo, membenarkan proses evakuasi tersebut. Pihaknya menerjunkan resmob untuk menambah kekuatan petugas Polsek Mundu dan perangkat desa yang telah lebih awal melakukan penanganan.

"Ya memang, setelah tertangkap tangan oleh korban dan warga, pelaku dibawa ke balaidesa. Informasi tersebut menyebar hingga datang berbondong-bondong estimasi ratusan orang untuk melihat dan faktor emosi lainya," kata Anggi saat ditemui Kompas.com di Mapolres Cirebon Kota, Kamis (25/4/2024) siang.

Anggi juga membenarkan, proses evakuasi berlangsung cukup lama. Petugas berulang kali meminta warga sekitar menahan emosi agar tidak terjadi eskalasi pergerakan massa yang lebih luas.

Namun, upaya itu tidak didengar warga, yang diduga benar-benar kesal dan marah terhadap pelaku.

Meski demikian petugas menjalankan pengamanan sesuai prosedur dan proses evakuasi berakhir kondusif.

Pelaku langsung dibawa ke Mapolres Cirebon Kota dan warga membubarkan diri dengan damai.

Anggi menjelaskan, proses penanganan itu terjadi hingga Kamis dini hari sekitar pukul 00.00 WIB dari awal kejadian sekitar pukul 22.00 WIB, pada Rabu (24/4/2024) malam.

Pelaku pencurian sepeda motor ini, nekat mencuri motor korban yang sedang diparkir di halaman rumah. Di saat bersamaan, aksinya diketahui bibi korban dan langsung berteriak maling.

Korban langsung mengejar pelaku yang melarikan diri. Korban yang dibantu warga akhirnya berhasil menangkap, dan langsung diamankan. Sementara dua orang tersangka lainnya yang berada di atas motor, langsung melarikan diri.

"Seluruhnya tiga orang. Satu orang eksekutor, satu orang memperhatikan kondisi, satu menjaga motor pelaku. Saat ketahuan, dua pelaku langsung kabur. Kami sedang buru keduanya," tutup Anggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com