Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kena Penyekatan di Bogor, 15 Anggota GMBI yang Bawa Senjata Tajam Ditangkap

Kompas.com - 29/01/2022, 18:51 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Bogor, Jawa Barat, menangkap 15 orang anggota organisasi kemasyarakatan Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) yang diduga ikut aksi demonstrasi di Bandung.

Sebanyak 15 orang ini diamankan beserta dengan barang bukti atau temuan senjata tajam dan beberapa kendaraan.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin mengatakan, anggota ormas yang diamankan itu merupakan hasil operasi penyekatan atau penertiban di perbatasan wilayah hukum Polres Bogor.

Baca juga: Demo di Jawa Barat, Massa GMBI Dibawa ke Polda Jateng

Dalam penertiban ini, lima kendaraan sepeda motor dan satu mobil juga turut diamankan.

"Sajam seperti samurai, parang, golok yang kita temukan di beberapa markas komando LSM GMBI Bogor," kata Iman melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (29/1/2022).

Polsek jajaran langsung melakukan pendataan dan pembinaan terhadap 15 anggota ormas GMBI tersebut.

Tujuannya, kata Iman, agar anggota GMBI tersebut tidak terprovokasi atau terlibat kericuhan di Mapolda Jawa Barat, Kota Bandung, yang terjadi pada Kamis (27/1/2022).

"Kami melakukan penertiban, memberikan penegakan hukum serta imbauan kamtibmas kepada masyarakat dan ormas GMBI yang ada di wilkum Kabupaten Bogor itu untuk menahan diri. Tidak terprovokasi terhadap kejadian yang terjadi di Polda Jabar," ucap Iman.

Baca juga: Buntut Demo Ricuh di Mapolda Jabar, Polisi Tetapkan Ketua Umum GMBI sebagai Tersangka

Sejauh ini, kepolisian juga sudah melakukan penjagaan di 34 titik perbatasan Kabupaten Bogor, yakni di Pos Sekat Rindu Alam perbatasan Bogor-Cianjur, Pos Sekat Gadog Ciawi atau Pos Sekat perbatasan Cianjur-Jonggol, Pos Sekat perbatasan Bekasi-Cileungsi dan Pos Sekat perbatasan Depok-Gunung Putri.

"Polisi melakukan penjagaan di kawasan-kawasan perbatasan itu untuk mengantisipasi anggota GMBI yang hendak menuju ke Kota Bandung," jelas dia.

Sebelumnya, massa yang berasal dari anggota organisasi masyarakat (ormas) menggelar demo di depan Mapolda Jawa Barat di Kota Bandung, Kamis (27/1/2022). Aksi demonstrasi itu berakhir ricuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com