Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap Hindari Macet, "One Way" Puncak Bogor Diberlakukan dari Rindu Alam Siang Ini

Kompas.com - 18/12/2022, 12:33 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Polisi memberlakukan skema one way atau satu arah di sepanjang Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (18/12/2022) siang hari ini.

Skema one way ini diberlakukan mulai pukul 11.30 WIB sampai dengan waktu yang tidak ditentukan.

Kepala Bagian Operasional (KBO) Lantas Polres Bogor Iptu Ketut Lasswarjana mengatakan, skema one way dilakukan guna mengantisipasi kepadatan arus balik liburan di jalan.

"Kalau hari Minggu ini tidak ada one way sepenggal. Jadi kita lakukan one way total. One way total mulai dari Pos 1 Bandung nanti kita tutup sampai dengan Rindu Alam. Itu one way ke arah Jakarta," kata Ketut saat ditemui di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Minggu.

Baca juga: Kronologi Tewasnya Peserta Tarik Tambang IKA Unhas, Panita Sebut Berawal dari Selfie

Ketut menyebut, one way tersebut diberlakukan bagi kendaraan yang mengarah ke Jakarta. Nantinya, pengendara yang pulang liburan akhir pekan ini diprioritaskan di satu jalur ke bawah.

Skema ini berlaku berdasarkan prediksi adanya peningkatan kendaraan dari arah Puncak Bogor menuju Jakarta.

Sejauh pantauan di atas, sambung dia, titik kepadatan belum terlihat signifikan. Hanya titik langganan macet seperti di Pasir Muncang, Pasir Angin, Cipayung Megamendung, Lokawiratama Simpang Cileumber, dan Pasar Cisarua.

"Jadi ini (kemacetan) perlu kita antisipasi mengingat dari Jumat, Sabtu itu kan masyarakat pada menginap di jalur Puncak ya. Kemudian kita antisipasi nanti pulangnya berbarengan, check out di jam 13.00 WIB mereka, nah nanti jam 11.30 WIB langsung kita berlakukan one way," ungkapnya.

Ketut menambahkan, pelaksanaan skema one way ini akan berakhir apabila kepadatan arus lalin mulai berkurang. Ketut memprediksi arus balik weekend ini akan terjadi pada pukul 13.00 WIB. Sehingga masyarakat perlu mengantisipasinya.

"Jam segitu sudah pada check out, jadi sebelum jam itu kita tentu harus one way. Harapannya mereka keluar dari hotel itu sudah one way sehingga arus akan mengalir (lancar) ke bawah," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com