Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wihara Kota Cirebon Bersiap Sambut Imlek Pasca-pandemi, Diprediksi Ribuan Jemaat Hadir

Kompas.com - 12/01/2023, 12:06 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

 

CIREBON, KOMPAS.com - Menyambut perayaan Imlek 2023, sejumlah wihara di Kota Cirebon Jawa Barat, mulai melakukan persiapan pada Kamis (12/1/2023).

Para pengurus mulai membersihkan wihara, melengkapi sarana ibadah, juga menghias dan mempercantik rumah ibadah.

Para pengurus menyambut Peringatan Imlek yang ke-2574 ini dengan penuh sukacita pasca-pencabutan pembatasan Pandemi Covid-19.

Ribuan jemaat diprediksi akan memenuhi wihara untuk melaksanan ibadah penuh khidmat dan nyaman.

Baca juga: Makna Filosofis Kue Keranjang hingga Barongsai Saat Imlek

Salah satu wihara yang melakukan persiapan adalah Vihara Dewi Welas Asih, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Kompas.com menyaksikan sejumlah pengurus yang sedang membersihkan sejumlah area. Mereka juga sedikit demi sedikit, mulai memasang dekorasi untuk Imlek.

Proses pembersihan dilakukan dari bagian dalam, ke sisi atau sayap kanan kiri, hingga ke bagian depan atau latar.

Tak sekadar merapikan, mereka juga mulai melengkapi sarana ibadah lainnya. Sejumlah lilin, lampion, serta beberapa kertas atau kain berisi doa, disiapkan untuk melengkapi doa dan harapan-harapan yang dipanjatkan pada momen pergantian tahun nanti.

Richard Dharma Pekasa, Sekretaris Panitia Imlek dan Cap Go Meh tahun 2023, menyampaikan, pihaknya menyambut perayaan tahun Imlek ini dengan penuh sukacita. Mereka melakukan banyak persiapan lebih awal dari biasanya.

“Sudah. Sudah banyak yang bersiap, baik dari dalam hingga yang masih tinggal di luar kota. Kami menyambut Imlek tahun ini dengan penuh sukacita karena pemerintah telah mencabut pembatasan yang pernah dilakukan di tahun sebelumnya saat pandemi,” kata Richard saat ditemui Kompas.com di lokasi, pada Rabu (11/1/2023).

Pasalnya, tahun ini adalah kali pertama perayaan Imlek setelah dicabutnya pembatasan kegiatan masyarakat oleh pemerintah. Semua jemaat akan menyambutnya dengan penuh semangat serta sukacita. Diprediksi, jemaat yang hadir juga akan melebihi kapasitas sebelumnya.

Baca juga: Jelang Imlek 2023 di Solo: 5.000 Lampion Hiasi Kawasan Pasar Gede

Selain karena bebasnya pembatasan, warga bersukacita dan bahagia karena dalam kemeriahan Imlek tersebut, mereka akan saling bertemu satu sama lainnya. Imlek menjadi ajang untuk mempererat tali persaudaraan antarsesama dan juga berbagai elemen banyak warga.

Vihara Dewi Welas Asih Lemahwungkuk, Kota Cirebon, merupakan salah satu vihara yang memiliki area cukup luas di Kota Cirebon. Kapasitas wihara ini melebihi 1.000 orang. Pengurus telah mempersiapkan dan mengantisipasi terkait perayaan Imlek yang akan dilangsungkan pada 21 Januari mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com