Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Waspadai Ledakan Kunjungan ke Lembang Bandung Libur Panjang Akhir Pekan Ini

Kompas.com - 25/04/2023, 18:15 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Khairina

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Arus lalu lintas di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat terpantau melandai pada H+3 Lebaran, Selasa (25/4/2023).

Dari pantauan Satlantas Polres Cimahi, puncak kunjungan wisata di kawasan wisata Lembang terjadi pada H+1 atau Minggu (23/4/2023) dan H+2 atau Senin (24/4/2023) kemarin.

Sementara hari ini arus kendaraan di jalur wisata Lembang terpantau tidak sepadat hari kemarin.

Baca juga: Pengunjung Floating Market Lembang Membeludak, Antrean Panjang Terjadi di Pintu Masuk

 

Kondisi berkurangnya volume kendaraan tersebut menandai arus balik wisatawan ke daerah asal mereka.

"Hari ini menjadi hari terakhir libur Lebaran karena tanggal 26 sudah masuk hari kerja. Pantauan kita kunjungan wisata pada hari ini agak melandai dari hari kemarin," kata Kasatlantas Polres Cimahi AKP Sudirianto saat ditemui di Lembang, Selasa (25/4/2023).

Meski demikian kunjungan wisata tidak lantas berhenti pada libur Lebaran ini, polisi memprediksi angka kunjungan wisata masih akan membeludak pada libur panjang pekan ini, Sabtu (29/4/2023) sampai Senin (1/5/2023) mendatang.

"Kita ketahui minggu depan masih ada long weekend, kemungkinan akan terjadi lagi puncak kunjungan wisatawan ke Lembang. Kita prediksi (puncaknya) di hari Sabtu dan Minggu," sebut Sudir.

Baca juga: Lalin Padat, One Way Diberlakukan di Lembang, Simpul Kemacetan di Farmhouse

Pada libur panjang nanti, kunjungan wisata di kawasan Lembang diprediksi akan lebih tinggi dibandingkan dengan libur Lebaran ini.

Prediksi itu berdasar analisis kepolisian melihat masyarakat yang sudah kembali dari kampung halamannya dan mulai menjajal liburan di kawasan wisata Lembang.

"Lebih tinggi lagi kunjungan kita prediksi justru di pekan depan karena masyarakat setelah arus balik mudik, kemudian akan merasakan liburan salah satunya ke Lembang ini," papar Sudir.


Selama ini, polisi memiliki beberapa rekayasa lalu lintas untuk mengurai kepadatan arus di kawasan wisata.

Beberapa rekayasa itu seperti rekayasa satu arah atau one way, kanalisasi dan penyiapan kantung parkir wisata.

"Untuk cara bertindak (CB) yang akan diterapkan itu one way sepenggal. Selama libur Lebaran di pagi hari kami utamakan oneway sepenggal dari arah Bandung ke Lembang. Kemudian kanalisasi di depan objek wisata agar pengunjung menyeberang di JPO," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com