Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lalin Padat, One Way Diberlakukan di Lembang, Simpul Kemacetan di Farmhouse

Kompas.com - 23/04/2023, 13:15 WIB
Dendi Ramdhani,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cimahi memberlakukan skema satu arah (one way) di kawasan wisata Farmhouse, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (23/4/2023) siang.

Hal itu dilakukan seiring dengan peningkatkan lalu lintas masyarakat yang ingin menikmati masa libur Lebaran.

Baca juga: One Way Diberlakukan di Puncak Bogor

Berdasarkan pantauan Kompas.com pukul 12.00 WIB, sudah lima kali pihak kepolisian menerapkan one way untuk mengurai kepadatan lalu lintas.

Baca juga: Link Live Streaming Pantauan Arus Mudik dan Suasana Lebaran 23 April 2023

Kepala Satlantas Polres Cimahi AKP Sudiryanto mengatakan, penerapan one way sudah dilakukan sejak pukul 07.00 WIB dari arah Bandung menuju Lembang dan arah sebaliknya.

"Jajaran Satlantas Polres Cimahi melakukan pengaturan lalu lintas di depan The Great Asia Afrika dan Farmhouse. Alhamdulillah, dari pukul 07.00 WIB arus lalin dari arah Bandung ke tempat wisata meriah. Tapi kami dari tadi telah melaksanakan tiga kali one way dari arah Bandung ke arah Lembang. Alhamdulillah kami sekarang sedang melakukan one way satu arah," kata Sudiryanto.

Simpul kemacetan di wilayah Lembang berada di wisata Farmhouse. Karena itu, Polres Cimahi mengerahkan pasukan pengaman lalu lintas lebih banyak di titik tersebut.

"Trouble spot di wilayah Lembang ini yang pertama di Farmhouse. Jadi kami menempatkan anggota yang lebih banyak kemudian dibantu jajaran sabhara memperkuat penarikan dari arah Bandung maupun Lembang. Semoga masyarakat yang ingin berkunjung ke Lembang lancar dan cepat sampai," tuturnya.

Selain memberlakukan one way, pihak kepolisian juga mengarahkan masyarakat yang ingin berkunjung Farmhouse dan The Great Asia Afrika, menyeberang melewati jembatan penyeberangan agar tidak menghambat lalu lintas kendaraan.

"Kita melakukan kanalisasi tujuannya supaya perpindahan masyarakat dari Great Asia ke Farmhouse maupun sebaliknya kami arahan tidak melewati jalur bawah tapi jalur penyeberangan di atas," kata dia.

Sudiryanto menuturkan, peningkatan volume kendaraan ke kawasan wisata Lembang sudah terjadi sejak Sabtu (23/4/2023).

"Kita lihat dari hari Lebaran pertama, kemungkinan Lebaran kedua pengunjung di Lembang semakin banyak. Kita lihat dari Lebaran pertama sudah ada kepadatan dari pukul 10.00 dan tadi pukul 07.00 WIB sudah ada kemeriahan. Kalau kita lihat peningkatan kendaraan 20 persen lebih dari kemarin," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com