Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa ITB Rasyid Ghifary Tewas Terkena Pasak Saat Uji Coba Pesawat Tanpa Awak

Kompas.com - 08/06/2023, 14:00 WIB
David Oliver Purba

Editor

KOMPAS.comMuhammad Rasyid Ghifary, mahasiswa jurusan teknik mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2021, tewas saat melakukan uji coba pesawat tanpa awak di lapangan Lanud Sulaiman, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (6/6/2023).

Baca juga: Mahasiswa ITB Tewas Saat Uji Coba Pesawat Tanpa Awak, Ini Kronologinya

Dekan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) ITB, Prof Tatacipta Dirgantara, menjelaskan, awalnya Rasyid dan sejumlah temannya menyiapkan pelontar pesawat berukuran besar seperti katapel yang ditancapkan ke tanah.

Baca juga: Kala Arsitek ITB Tata Ulang Kampung yang Hancur Diguncang Gempa Cianjur

Saat itu kondisi tanah lembek karena habis diguyur hujan.

Saat Rasyid dan rekan-rekannya menarik pelontar, pasak yang dipasang ikut terpental dan mengenai bagian leher belakang Rasyid.

"Biasanya pelontarnya ditancapkan ke tanah, pasaknya ke tanah. Karet ditarik (saat) pesawat dicantolkan dan diterbangkan. Waktu sedang ditarik, pasaknya tercabut karena tanahnya lembek bekas hujan," kata Tata saat dihubungi, Kamis (8/6/2023).

"Katapel gede ditarik beberapa orang. Dia (almarhum) narik, pasak kecabut, mental kena ke korban. Pas kena ke lokasi yang fatal, bagian leher belakang," ujar Tata.

Rasyid sempat dibawa ke Rumah Sakit (RS) sekitar Lanud Sulaiman untuk mendapatkan perawatan. Namun, nyawanya tidak tertolong.

Jenazah Rasyid sudah dibawa ke Jakarta untuk dimakamkan.

"Buat kami ini suatu kehilangan dan kami sangat berduka," katanya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul: BREAKING NEWS - Mahasiswa ITB Meninggal Saat Uji Coba Pesawat Tanpa Awak, Alami Luka Serius

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com