Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencarian Petani Cianjur Tertimbun Longsor Terkendala Medan Terjal

Kompas.com - 31/07/2023, 06:32 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com – Tim SAR gabungan tengah berupaya melakukan pencarian terhadap Nahru (54), petani asal Desa Simpang, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat yang tertimbun longsor.

Namun, kondisi medan yang terjal serta tidak bisa diakses alat berat mengakibatkan tim kesulitan untuk mengevakuasi korban.

Humas Kantor SAR Bandung, Seni Wulandari mengatakan, upaya pencarian saat ini dipusatkan di satu titik yang diduga korban tertimbun di sekitar Last Known Position (LKP).

Baca juga: 1 Petani di Cianjur Diduga Tertimbun Longsor, Tim SAR Lakukan Pencarian

“Di hari kedua ini hasilnya nihil. Pencarian dihentikan sementara dan akan dilanjutkan esok pagi,” kata Seni melalui siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (30/7/2023) malam.

Disebutkan, selain medan yang terjal dan tidak bisa diakses alat berat, ketebalan material longsor juga menjadi salah satu kendala tim di lapangan.

“Adapun unsur SAR yang terlibat di antaranya Kantor SAR Bandung, personel TNI/Polri, BPBD Cianjur, relawan, dibantu unsur muspika setempat dan masyarakat,” ujar Seni. 

Baca juga: Banjir di Agam Sumbar, 2 Warga Tewas Tertimbun Longsor

Sebelumnya diberitakan, seorang petani di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat bernama Nahru (54) dilaporkan hilang diduga tertimbun longsor. 

Kejadian nahas yang menimpa petani asal Desa Simpang, Kecanatan Pasirkuda, Cianjur itu saat korban tengah memanen padi di sawahnya, Sabtu (29/7/2023).

Bencana alam tersebut terjadi diduga kontur tanah yang labil dan posisi lahan sawah yang berada di lereng tebing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com