Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua DPD PAN Cirebon Pertanyakan Dukungan Zulkifli Hasan ke Prabowo Subianto

Kompas.com - 15/08/2023, 14:22 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com - Ketua DPD PAN Kabupaten Cirebon Heru Subagia, mempertanyakan sikap Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang mendukung Prabowo Subianto secara mendadak.

Pasalnya, nama Prabowo Subianto tidak muncul di dalam Rakernas PAN beberapa waktu lalu.

Dirinya mengakui, penentuan keputusan tertinggi ada di tangan Ketua Umum PAN dan dipatuhi oleh seluruh kader. Kendati begitu, dirinya merasa berhak menanyakan landasan penentuan arah dukungan bakal calon presiden 2024 mendatang, yang dirasa sangat mendadak.

Baca juga: Buntut Dukung Ganjar, Ketua DPD PAN Cirebon Ditelepon Mahkamah Partai

"Keputusan tertinggi memang ada di ketua umum untuk memutuskan calon presiden. Tetapi menurut saya, keputusan ini kita cerna sebagai keputusan politik yang seharusnya kita juga bertanya, kok tiba tiba Prabowo Subianto sebagai calon presiden, darimana dasarnya," kata Heru kepada Kompas.com Selasa (15/8/2023).

Sebagai insan politik, Heru sebut tiap kader PAN di manapun berada, berhak menanyakan dan mengetahui hal itu. Dia menilai keputusan mendadak itu perlu diketahui oleh seluruh pihak.

Sebagai Ketua DPD Pan Kabupaten Cirebon, Heru juga mengklaim hampir sebagian besar kader PAN Kabupaten Cirebon masih mendukung Ganjar Pranowo, seperti halnya Heru. Jumlahnya berkisar di angka 70 hingga 80 persen.

Baca juga: Zulfikli Hasan: Semoga Setelah Pilkada Jakarta Semua Bisa Bergandengan Tangan

"Hampir 70-80 persen kader saya, sampai saat ini, masih mendukung Ganjar Pranowo. Sisanya ada yang dari awal mendukung Anies. Saya pikir Prabowo ga ada dukungan, ya karena kita memang bukan pendukung Prabowo," jelas Heru.

Namun, dirinya tidak menampik, soal pilihan kembali kepada tiap individu untuk mematuhi instruksi Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mendukung Prabowo Subianto, atau berpegang teguh pada hasil Rakernas lalu, yakni Ganjar Pranowo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com