Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detik-detik Pawang Ular Tewas Digigit King Kobra di Sumedang, Atraksi HUT RI Berujung Maut

Kompas.com - 21/08/2023, 22:49 WIB
Maya Citra Rosa

Editor

KOMPAS.com - Seorang pawang ular bernama Rosandi Maulana (63) tewas digigit ular king kobra saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Rosandi atau akrab disapa Bah Kobra ini dipatuk ular peliharaannya sendiri saat sedang atraksi di Desa Bantarmara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (18/8/2023) malam.

Dilansir dari TribunJabar.id, video detik-detik Rosandi atau akrab dipanggil Bah Kobra ini terlihat korban tidak mengenakan baju sedang beratraksi dengan seekor ular yang panjang dan besar.

Terlihat dalam rekaman itu, Bah Kobra bangkit dari posisinya yang duduk merendah, berhadapan dengan ular.

Baca juga: Sosok Misterius Pengirim Paket Berisi 12 Ular untuk Dosen di Karanganyar

Dia lantas berdiri, kemudian membungkuk untuk menyampaikan salam kepada penonton dengan posisi dua telapak tangan menempel di depan dada.

Ketua Paguyuban Seni Cisarua, Andrian Saputra (29), mengatakan setelah itu Rosandi mengakhiri atraksinya.

"Bah Kobra tidak banyak bicara. Seusai pentas dia berpamitan, Lalu menuju Puskesmas," ujarnya.

Setelah itu, Rosandi pergi terlihat mengenakan baju hitam dan terbaring kesulitan bernafas, kemudian segera dievakuasi warga dengan ambulans.

Korban dibawa ke puskesmas lalu dirujuk ke RSUD Sumedang untuk mendapatkan pertolongan medis, namun nyawanya tidak tertolong, RM dinyatakan meninggal dunia.

Baca juga: Lahan di Sekitar Menara Kujang Sapasang Sumedang Terbakar karena Puntung Rokok

Rosandi atau Bah Kobra dipatuk saat pertunjukan. Ular yang dibawa untuk seni ular milik Rosandi bersikap agresif.

"Sempat menampilkan beberapa pertunjukan sebelum akhirnya tergigit. Kami sendiri waktu itu sedang berkegiatan di lokasi lain, masih satu kecamatan. Kaget sekali mendengar itu," kata Andrian, Senin (21/8/2023).

Menurutnya ular yang digunakan Bah Kobra untuk beratraksi merupakan ular liar karena baru ditangkap dari kawasan Kecamatan Cisarua.

"Ularnya masih baru (ditangkap). Ular besar, bobotnya 8 kilogram (dengan panjang 3,5 meter)," kata Andrian.

"Puskesmas ketika itu tutup, sebab di Kantor Kecamatan Cisarua, juga ada pertunjukan seni-seni Islami. Maka tidak banyak orang fokus kepada peristiwa yang menimpa Bah Kobra," kata Adrian.

Baca juga: Sosok Misterius Pengirim Paket Berisi 12 Ular untuk Dosen di Karanganyar

Dalam video yang beredar, terlihat Bah Kobra terbaring di lantai sambil terlihat sesak nafas. Lokasi tempat berbaring itu menurut Adrian adalah teras Puskesmas.

"Kejadian terpatuknya pukul 22.00. Lalu Bah Kobra dibawa ke RSUD Sumedang. Kurang dari pukul 00.00, beliau meninggal dunia," katanya.

Jenazah Bah Kobra telah dimakamkan di TPU Desa Cisarua pada Sabtu (19/8/2023) pukul 10.30.

Sebagian artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kronologi Tewasnya Pawang Ular asal Sumedang, Dipatuk Ular King Kobra saat Pentas Seni Kemerdekaan

Sebagian artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul BREAKING NEWS Detik-detik Pawang Ular di Sumedang Tewas Dipatuk King Cobra Saat Atraksi HUT RI

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com