Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Targetkan Jabar "Hattrick" PON 2024

Kompas.com - 21/08/2023, 21:40 WIB
Reni Susanti

Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menargetkan kembali juara dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

Sebelumnya, Jabar menang dua kali berturut-turut yakni dalam PON 2016 di Bandung dan PON 2021 Papua.

"(Targetnya) hattrick tahun depan di Aceh, Sumatera Utara. Untuk itu, saya titipkan ke KONI pertahankan kemenangan PON di Sumut nanti," ujar Ridwan Kamil dalam Volleyball Gubernur Cup 2023, Senin (21/8/2023).

Baca juga: Momen Ganjar dan Ridwan Kamil Pamitan Saat Upacara HUT Ke-78 RI...

Ada dan tanpa dirinya, pria yang akrab disapa Emil ini mengungkapkan, Jabar harus juara. Emil mengatakan hal tersebut karena jabatannya sebagai Gubernur Jabar berakhir September 2023.

Target hattrick, sambung Emil, bukan tanpa perhitungan. Ada banyak faktor yang mendukung, mulai dari pembinaan, kekuatan, hingga kemampuan atlet Jabar.

Baca juga: Panji Gumilang Gugat Ridwan Kamil Rp 9 Triliun

"Saya itu orangnya realistis, saya berhitung. Saat PON Papua kemarin, saya berhitung, kekuatan kita seperti apa dan saya yakin menang. Ternyata betul menang," ungkapnya.

Pada PON 2016 ada yang bilang Jabar menang karena main di kandang sendiri. Namun ia membuktikan bahwa Jabar memang unggul dalam olahraga pada kemenangan PON 2021.

Asep Sukmana, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Barat mengungkapkan, untuk mengejar target Ridwan Kamil tersebut, pihaknya sudah menyiapkan para atlet sejak jauh-jauh hari.

"Kami akan mengirimkan atlet terbaik kami. Mereka sudah berlatih untuk pelatda, Kami juga mencari bibit-bibit (atlet) dengan serius," tutur Asep.

Voli jadi andalan

Salah satu cabang olahraga yang jadi andalan adalah bola voli. Itu terlihat dari tim bola voli putra dan putri yang gemilang di nasional.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyampaikan, bola voli juga menjadi olahraga yang sangat merakyat di Jabar.

"Kalau saya momotoran ke kampung, saya sering bertemu ibu-ibu, bapak-bapak, dan pemuda di sana main voli. Bahkan main voli sambil dasteran," tuturnya.

Itu artinya, warga Jabar sangat dekat dengan olagraga terutama voli. Ia berharap, kejuaraan kali ini juga menjaring bibit-bibit dari pedesaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com