Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Bongkok Purwakarta Kebakaran, Berawal dari Monyet Curi Ayam Pendaki

Kompas.com - 22/08/2023, 21:04 WIB
Reni Susanti

Editor

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Gunung Bongkok di Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, terbakar pada Selasa (22/8/2023) sekitar pukul 12.30 WIB.

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Purwakarta, Wahyu Wibisoni menyebutkan, kebakaran terjadi saat grup pendaki sedang membakar ayam.

"Saat memasak itu, ada monyet yang menganggu dan mengambil ayam bakar beserta bara api dari para pendaki yang sedang memasak," ucap Wibi dikutip dari Tribun Jabar, Selasa (21/8/2023) malam.

Baca juga: Kebakaran TPA Sarimukti Meluas sampai 7 Hektar, Api Menjalar ke 3 Zona Pembuangan

Kemudian, bara api yang dibawa monyet tersebut membuat sejumlah rumput kering di lokasi kejadian terbakar.

Akibatnya, sekitar 2.500 m2 lahan yang berada di Gunung Bongkok hangus terbakar. Untungnya tidak ada korban jiwa ataupun luka dalam kejadian tersebut.

Dua kelompok pendaki berhasil menyelamatkan diri dari peristiwa tersebut.

Baca juga: Terjadi 244 Kebakaran Lahan Terbuka di Surabaya Selama 8 Bulan

"Sampai sekitar pukul 18.30 WIB, BPBD bersama Damkar Purwakarta masih berada di lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman," ujar Wibi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Purwakarta, Juddy Herdiana mengatakan, saat ini pihaknya berusaha melakukan pemadaman.

"Meski jauh dari pemukiman, kebakaran terus tetap ditangani oleh Damkar Purwakarta guna menghindari meluasnya area kebakaran," kata Juddy.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Kebakaran Gunung Bongkok Terjadi Karena Monyet Curi Ayam Bakar Milik Pendaki, Bara Api Ikut Terbawa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com