Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Bongkok Purwakarta Masih Siaga Usai Terjadi Kebakaran

Kompas.com - 24/08/2023, 15:32 WIB
Farida Farhan,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengatakan, status Gunung Bongkok, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, masih siaga usai kebakaran.

"Saat ini masih dalam pemantauan, jadi statusnya masih siaga," kata Kepala BPBD Purwakarta Wahyu Wibisono melalui pesan singkat, Kamis (24/8/2023).

Baca juga: Api Kebakaran Masih Menyala di Beberapa Titik Gunung Bongkok Purwakarta

Saat ini tim gabungan dari TNI, Destana, dan relawan lainnya masih bersiaga di posko darutat sementara.

"Tim masih siaga," katanya.

Adapun, untuk luas lahan yang terbakar masih dalam pendataan.

Hingga Rabu (23/8/2023) pagi, luas lahan yang terbakar sekitar 2.500 meter persegi dan pada Rabu siang beberapa titik api masih muncul.

Diberitakan sebelumnya, Gunung Bongkok di Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, terbakar pada Selasa (22/8/2023) sekitar pukul 12.30 WIB.

Baca juga: Gunung Bongkok Purwakarta Kebakaran, Berawal dari Monyet Curi Ayam Pendaki

Pelaksana tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Purwakarta, Wahyu Wibisono menyebutkan, kebakaran terjadi saat grup pendaki sedang membakar ayam.

Kemudian, bara api yang dibawa monyet tersebut membuat sejumlah rumput kering di lokasi kejadian terbakar. Akibatnya, sekitar 2.500 meter persegi lahan yang berada di Gunung Bongkok hangus terbakar.

Untungnya tidak ada korban jiwa ataupun luka dalam kejadian tersebut. Dua kelompok pendaki berhasil menyelamatkan diri dari peristiwa tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com