Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Penerbangan Bandara Husein Bandung Pindah ke Kertajati Per 29 Oktober

Kompas.com - 07/09/2023, 20:43 WIB
Faqih Rohman Syafei,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Seluruh penerbangan komersil dari dan menuju Bandara Husein Sastranegara Bandung, Jawa Barat, dipindahkan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, mulai 29 Oktober 2023.

Sementara, Bandara Husein Sastranegara nantinya hanya akan melayani penerbangan pesawat baling-baling.

Baca juga: Garuda Indonesia Buka Penerbangan Umrah dari Bandara Kertajati

"Pemindahan Bandara Kertajati mulai 29 Oktober. Di sini (Husein Sastranegara) masih bisa baling-baling," ujar Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin usai memimpin rapat pimpinan di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (7/9/2023).

Baca juga: Rute dan Jadwal Damri Bandara Kertajati, Tarif mulai Rp 80.000

"Kita koordinasi dengan Menhub per 29 Oktober dipindahkan ke Kertajati. Baling-baling setahun lagi," kata Bey menambahkan.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Muhammad Taufiq Budi Santoso mengatakan, nantinya penerbangan dari Kertajati Kertajati akan menghubungkan kembali rute ke tujuh kota di beberapa provinsi.

Di antaranya Balikpapan, Banjarmasin, Palembang, dan Bali.

Lalu, sedikitnya ada lima maskapai penerbangan yang akan dipindahkan ke Kertajati pada 29 Oktober. Termasuk dua maskapai yang melayani rute luar negeri.

"Itu keputusan Pak Menteri. Untuk armada akses dari sana ke sini sudah disiapkan bersama Damri dan pihak penyedia lainnya. Pokoknya tanggal 29 harus siap melayani penerbangan baik domestik dan luar negeri," ucap Taufiq.

Taufiq menjelaskan, saat ini penerbangan dari Kertajati setiap harinya dalam sepekan melayani 32.000 penumpang dari penerbangan domestik dan luar negeri.

Sementara, Bandara Husein Sastranegara Bandung hanya melayani penerbangan pesawat baling-baling ke Bandara Adisucipto, Yogyakarta.

"Yang di sini (Husein Sastranegara) hanya satu propeller baling-baling ke Bandara Adisucipto. Sementara yang dapatkan infonya hanya satu Wings Air," ujar Taufiq.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com