Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Minta Peresmian Kereta Cepat Awal Oktober, Jakarta-Bandung 25 Menit

Kompas.com - 13/09/2023, 14:51 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta agar Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) segera diresmikan 1 Oktober 2023.

Peresmian kereta cepat pada awal Oktober nanti melihat dari kesiapan teknis kereta dan pelayanan stasiun yang hampir matang.

"Iya (peresmian) awal Oktober. Yang menentukan (kesiapan) tetap dari manajemen kereta cepat," kata Jokowi saat ditemui di Stasiun Kereta Cepat Padalarang, Rabu (13/9/2203).

Baca juga: Jajal Kereta Cepat Sebelum Peresmian, Jokowi Tiba di Stasiun Padalarang

Kesiapan operasional itu juga dirasakan langsung oleh Jokowi. Ia bersama rombongan para menteri, artis, dan influencer melaksanakan perjalanan dengan menjajal kereta cepat dari Stasiun Halim sampai ke Stasiun Padalarang.

"Nyaman, dan pada kecepatan 350 kilometer tidak terasa sama sekali baik saat duduk maupun saat saya berjalan. Sehingga, ya ini lah peradaban, kecepatan," ujar Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi Bakal Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung Besok

Setelah keamanan dan kenyamanan kereta cepat dinyatakan baik, secara resmi akan diresmikan dan dibuka untuk dilakukan uji coba bagi masyarakat umum tanpa tarif alias gratis.

"Tetap (gratis). Biar orang mau mencoba, masyarakat mencoba. Rasain dulu 350 km/jam seperti apa. Dari Halim sampai ke Padalarang 25 menit. Kemudian kalau sampai Tegalluar berapa menit, kan harus dicoba," papar Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com