Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ular Sanca 2,8 Meter Masuk Rumah di Cimahi, Warga Heboh

Kompas.com - 05/10/2023, 07:29 WIB
Reni Susanti

Editor

CIMAHI, KOMPAS.com - Warga Cimahi tepatnya di Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat dibuah heboh. Pasalnya ular sanca besar dengan panjang 2,8 meter memasuki rumah warga.

Ular seberat 6 kg masuk ke area rumah seorang warga di Jalan Puri Indah 1, RT 01/26, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi.

Ular itu ditemukan di teras rumah warga bernama Yoni sekitar pukul 04.45 WIB, lalu temuan ular ini langsung dilaporkan ke petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cimahi untuk dievakuasi.

Baca juga: Tiga Dus Daging Ular Sanca Batik Gagal Diselundupkan ke Manado

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Damkar, Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi, Aep Mulyana mengatakan, ular besar itu pertama kali ditemukan pemilik rumah ketika hendak pergi ke masjid untuk melaksanakan salat subuh.

"Ular sanca tersebut terlihat melilit di pot bunga yang berada di teras rumah, kemudian melaporkan ke Pemadam Kebakaran Kota Cimahi via hotline," ujar Aep dikutip dari Tribun Jabar, Kamis (5/10/2023).

Baca juga: Video Viral Pawang Ular Tewas Digigit King Kobra 3,5 Meter di Sumedang

Setelah menerima laporan, pihaknya menerjunkan dua personel beserta satu unit mobil rescue. Dibantu warga sekitar, personel Damkar melakukan penyelamatan ular tersebut menggunakan grabstick.

"Alhamdulillah tidak ada kendala, kita menerjunkan dua personel dengan kendaraan rescue. Tiba di lokasi, warga juga sangat antusias ikut bantu dalam penangkapan ular tersebut," kata Aep.

Kasus meningkat

Selama musim kemarau panjang, sambung Aep, ular yang masuk ke pemukiman warga mengalami peningkatan. Bahkan tercatat ada 73 ekor ular yang dievakuasi petugas Damkar Kota Cimahi.

"Puluhan ular yang berhasil dievakuasi dari pemukiman warga itu tidak dipelihara oleh kami tetapi diserahkan ke komunitas pecinta reptil dan sebagainya," ungkap dia.

Menurut Aep, banyaknya ular yang masuk ke pemukiman warga dikarenakan habitatnya mulai terganggu, sehingga ular tersebut keluar dari habitatnya untuk mencari makan dan sebagainya.

"Jadi warga harus waspada atas indikasi ular liar karena cuaca yang panas, otomatis menyebabkan bahan makanan habitatnya berkurang sehingga keluar dan masuk pemukiman warga," ucap Aep.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Heboh! Ular Sanca Besar Masuk Rumah Warga di Cimahi, Melilit Pot Bunga, Panjangnya Capai 2,8 Meter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com