Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Kaesang Ajak Muda-mudi "Ngesang" di Tasikmalaya...

Kompas.com - 09/10/2023, 16:29 WIB
Irwan Nugraha,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep bersama ratusan muda-mudi Tasikmalaya "Ngesang" alias Ngopi Bareng Kaesang di bawah pohon jati Jalan Mangin, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (9/10/2023) sore.

Ngesang dalam bahasa Sunda artinya keringat. Ngesang di acara ini maksudnya berkeringat di teriknya cuaca panas Tasikmalaya di musim kemarau.

Kaesang sengaja datang langsung dari Garut ke Tasikmalaya. Dia disambut seikat bunga mawar merah oleh para pengurus dan kader PSI serta muda-mudi asal Kota dan Kabupaten Tasikmalaya.

Baca juga: Soal Kaesang Tak Disapa Jokowi dalam Acara Relawan, Gibran: Itu Hal Biasa

Dalam acara itu, Kaesang berdiskusi soal politik dengan ratusan anak muda dan mengajak mereka ikut bergabung dengan partai politik.

Dia berharap, anak muda dapat terjun ke dunia politik sebagai subyek dan bukan hanya dimanfaatkan sebagai obyek politik.

Namun, dirinya mengaku tak akan pernah memaksa untuk masuk partainya dan mempersilakan memilih partai-partai yang sesuai dengan keinginannya sendiri.

"Saya harap semua bisa tahu politik dan pelaku politik, tapi saya tak pernah dan bukan untuk menyuruh masuk PSI ya. Silahkan saja pilih sesuai keinginan," tambah Kaesang.

Dalam kesempatan itu, Kaesang berharap anggota DPR dari fraksi PSI menargetkan dapat melakukan hal besar untuk masyarakat seperti memberi pendidikan gratis dan BPJS gratis.

"Dan kalau di PSI apabila terdapat perwakilan DPR RI, akan dilakukan BPJS berbasis Kewarganegaraan dan bukan berdasarkan iuran. Jadi nanti BPJS gratis, itu dari kami PSI targetnya," jelas Kaesang di hadapan peserta diskusi Ngesang.

Baca juga: Didatangi Kaesang, Pengusaha Kulit Garut Keluhkan soal Limbah dan Lesunya Pasar

Sementara itu, Bila (20), salah satu mahasiswa politik Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, bertanya kepada Kaesang kenapa memilih PSI dan tak mengikuti partai sang ayah, Presiden RI Joko Widodo.

"Tadi Mas Kaesang jawabnya mantap memilih gabung ke PSI jauh-jauh hari saat ramai diberitakan menjadi calon Wali Kota Depok. Keputusannya itu sudah seizin bapaknya dan istrinya," ungkap Bila sembari berswafoto dengan Kaesang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com