Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Macet Malam Tahun Baru, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Cimahi dan Bandung Barat

Kompas.com - 31/12/2023, 16:38 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

CIMAHI, KOMPAS.com - Polisi mengantisipasi kepadatan kendaraan di tiga titik dalam Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat yang menjadi tempat perkumpulan massa pada malam pergantian tahun 2023/2024.

Kasat Lantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto mengatakan, Polres Cimahi sudah menyiagakan personel untuk mengatur kepadatan arus lalu lintas di tiga titik tersebut d ngan menyiapkan skema rekayasa lalu lintas

"Kita sudah siapkan rekayasa lalu lintas di jalur arteri Kota Cimahi. Kita ketahui biasanya masyarakat berkumpul di Alun-alun Cimahi, kawasan Kota Baru Parahyangan, dan Alun-alun Lembang," ujar Sudirianto saat ditemui, Minggu (31/12/2023).

Baca juga: Agar Tak Terjebak Macet, Polisi Minta Warga Bali Rayakan Tahun Baru di Rumah

Di kawasan Alun-alun Kota Cimahi, polisi menyiapkan skema pengalihan arus jika ada kepadatan kendaraan di Jalan Gandawijaya.

Arus kendaraan dari arah Jalan Gatot Subroto akan dialihkan ke Jalan Sisingamangaraja atau kawasan Pojok, Cimahi.

"Untuk malam perayaan tahun baru di Cimahi, kita akan rekayasa. Apabila sudah penuh di Alun-alun Cimahi, kendaraan dari Jalan Gatot Subroto kita alihkan ke Jalan Pojok. Kemudian Jalan Gandawijaya kita tutup sementara," jelas Sudir.

Polisi meminta para pengendara tidak memarkirkan kendaraannya di sembarang tempat.

Para pengunjung yang hendak menghabiskan malam tahun baru di taman Alun-alun Kota Cimahi maupun pusat keramaian lainnya diimbau agar menyimpan kendaraan di tempat parkir yang sudah disediakan.

"Mohon tidak parkir sembarangan, karena nanti bisa menimbulkan kepadatan di ruas jalan raya. Kita ketahui, malam nanti masyarakat diprediksi akan merayakan pergantian tahun baru di pusat keramaian," ucap Sudirianto.

Baca juga: Wisatawan Jalan Kaki ke Bandara Ngurah Rai akibat Macet, Asita: Bali Harus Berbenah

Sementara di kawasan Kota Baru Parahyangan dan Taman Alun-alun Lembang, polisi menyiagakan personel untuk mengatur arus lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan.

"Tapi kami imbau, lebih baik masyarakat merayakan tahun baru di rumah saja. Berkumpul bersama dengan keluarga," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com