Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Gempa Sumedang Sampai ke Bandung Barat, Rumah Rusak Berat

Kompas.com - 03/01/2024, 12:58 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Gempa Sumedang berkekuatan magnitudo (M) 4,8 berdampak pada kerusakan satu unit rumah di Kampung Jambudipa RT 01 RW 02 Desa Jambudipa, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat.

Bangunan tersebut rusak berat di beberapa bagian rumah. Tembok di bagian dapur dan kamar retak cukup parah bahkan terancam runtuh.

"Betul ada satu unit rumah mengalami rusak berat. Kerusakan ini diduga karena dampak dari guncangan gempa Sumedang yang terjadi Minggu (31/12/2023) malam lalu. Karena kejadian rusak rumahnya juga di waktu yang sama," ujar Suheri saat dihubungi, Rabu (3/1/2024).

Baca juga: Sumedang Diguncang 8 Kali Gempa Susulan dalam Tiga Hari Terakhir, 1.004 Rumah Rusak

Selain karena guncangan gempa bumi, kerusakan bangunan rumah juga dipicu lapuknya tembok rumah. Akibatnya, ketika ada gempa meski dengan guncangan kecil, tembok rumah rusak berat.

"Memang bangunannya juga sudah tua. Jadi selain karena ada guncangan gempa Sumedang, juga diakibatkan oleh bangunan yang sudah tua," kata Heri.

Baca juga: Hasil Pemuktahiran, BMKG: Gempa Banten M 5,7 Dirasakan di Sukabumi

Rumah tersebut dihuni seorang lansia bernama Karwati (76). 

"Beruntung tidak ada material bangunan yang melukai penghuni. Hanya kerusakan materil, diperkirakan nilainya Rp 30 juta," jelas Heri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com