Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Evakuasi KA Turangga dan Commuterline Selesai, Jalur Cicalengka Sudah Bisa Dilalui

Kompas.com - 06/01/2024, 10:25 WIB
M. Elgana Mubarokah,
Andi Hartik

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Rangkaian evakuasi kereta api (KA) Turangga dan Commuterline Bandung Raya yang bertabrakan di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, telah selesai.

Rel kereta lintasan Stasiun Cicalengka-Haurpugur pun sudah bisa dilalui dengan kecepatan terbatas.

Manajer Humas PT KAI, Ayep Hanapi, mengatakan, seluruh proses evakuasi berhasil diselesaikan pada Sabtu (6/1/2024) dini hari.

“(Pukul) 04.13 (WIB) evakuasi lokomotif dan kereta selesai. Selanjutnya (badan kereta tersebut) dibawa ke Stasiun Bandung,” kata Ayep saat ditemui di lokasi.

Baca juga: Daop 2 Sebut KA Turangga Semestinya Lewat Jalur Cicalengka Lebih Dulu

Selain itu, ujar dia, perbaikan jalur berhasil diselesaikan pada pukul 06.30 WIB.

"Proses evakuasi dengan melakukan kegiatan penggantian bantalan beton yang pecah, penggantian penambat rel, dan perbaikan geometri,” jelasnya.

Baca juga: Insiden KA Turangga, KAI Daop 7 Telah Kembalikan Bea Tiket 100 Persen kepada 23 Penumpang

Dengan demikian, jalur rel kembali bisa dilintasi sesuai dengan target yang ditetapkan meski dengan kecepatan yang dibatasi.

“Jalur KA dinyatakan aman dengan kecepatan dibatasi. Untuk saat ini 20 kilometer per jam,” kata dia.

Sebelumnya, Vice President Public Relations PT KAI Joni Martinus menyatakan, ada beberapa kendala selama proses evakuasi ini. Salah satunya adalah kerusakan parah di bagian depan dua kereta.

Di saat yang bersamaan, para petugas gabungan harus bisa membawa empat jenazah yang terjebak di antara material kereta api. Total, ada empat orang yang dinyatakan meninggal dalam peristiwa tersebut.

“Kemudian juga ada satu gerbong, kalau kita lihat ini di belakang, yang naik ke atas, yang menukik, melintang, sebagian masuk ke sawah. Ini juga menjadi tantangan bagi kami untuk mempercepat proses evakuasi,” kata dia.

Sebelumnya, terjadi tabrakan antara KA Turangga yang membawa 287 penumpang dengan Comuterline Lokal yang membawa 191 penumpang. Tabrakan tersebut terjadi di lajur Petak Cicalengka-Haurpugur, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Jumat (5/1/2024) pagi.

Tercatat ada empat orang meninggal dunia dalam kejadian itu yang terdiri dari masinis, asisten masinis, pramugara, dan petugas PAM di Stasiun Cimekar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com