Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Bandung Barat Tewas Tersambar Petir Saat Shalat Ashar di Mushala

Kompas.com - 08/01/2024, 14:15 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Dua warga Desa Wangunjaya, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, menjadi korban sambaran petir saat hujan deras, Minggu (7/1/2024) sore.

Dua korban sambaran petir itu yakni Jajang (50), warga Kampung Sukarasa RT 03 RW 02, dinyatakan meninggal dunia.

Sementara Diding (35), warga Kampung Tengek RT 02 RW 08, dirawat intensif di RSUD Cikalongwetan.

Baca juga: Isak Tangis di Sijunjung, 5 Petani yang Tewas Tersambar Petir Dimakamkan Satu Liang

"Betul ada dua warga kami yang tersambar petir pada hari kemarin di dua TKP berbeda. Satu orang meninggal dunia, sedangkan satu orang lainnya sedang menjalani perawatan," ungkap Penjabat (Pj) Kepala Desa Wangunjaya Pipin Irawan saat ditemui, Senin (8/1/2024).

Peristiwa sambaran petir yang mengenai dua orang warga itu bermula saat hujan deras disertai angin kencang dan halilintar melanda Kecamatan Cikalongwetan, Minggu (7/1/2024) sekitar pukul 15.00 WIB.

Baca juga: 5 Pekerja Ladang di Sijunjung Tewas Tersambar Petir Saat Berteduh

Sekitar pukul 16.00 WIB, halilintar menyambar sebuah mushala di Kampung Sukarasa. Di dalam mushala tersebut ada Jajang yang tengah khusyuk ibadah shalat ashar.

"Setelah dicek istrinya, korban sudah tergeletak dalam keadaan meninggal dunia di lokasi. Tempat shalat korban serta atap ruangan mushala mengeluarkan asap usai terkena sambaran petir. Seperti habis terbakar," jelas Pipin.

Sementara korban Diding terkena sambaran petir saat dirinya tengah duduk menghangatkan badan di depan perapian sembari asyik mendengarkan siaran radio. Saat itu petir tiba-tiba menyambar antena radio dan membakar bagian belakang tubuh Diding.

Diding seketika tergeletak tak sadarkan diri. Pihak keluarga yang menyadari Diding terkapar, langsung melarikannya ke RSUD Cikalongwetan untuk mendapat pertolongan medis.

"Untuk korban Diding sudah mulai membaik. Sekarang masih menjalani perawatan di RSUD Cikalongwetan. Sementara untuk korban meninggal sudah dimakamkan pihak keluarga," ujar Pipin.

Selain sambaran petir, Desa Wangunjaya juga dilanda banjir dan tanah longsor di beberapa titik. Saat ini pemerintah desa tengah menginventarisasi berapa luas lahan pertanian dan apa saja dampak peristiwa kemarin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com