Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Rumah Rusak Tertimbun Longsor di Cianjur

Kompas.com - 11/01/2024, 06:30 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

Sumber Antara

CIANJUR, KOMPAS.com -  Dua rumah warga rusak tertimbun longsor di Kampung Kasintu, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (10/1/2024).

"Akibat longsor tersebut 40 orang terpaksa mengungsi," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur Asep Sukma Wijaya di Cianjur.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun petugas langsung dikirim ke lokasi untuk melakukan pendataan dengan membawa bantuan logistik bagi warga yang mengungsi.

"Longsor terjadi menjelang petang, setelah hujan turun deras sejak Rabu siang, sebagian besar warga sudah diminta untuk mengungsi karena tanah tebing di belakang perkampungan terlihat mengalami pergerakan, tergerus air sungai di bawahnya," kata Asep.

Baca juga: Hujan Deras Sebabkan Longsor di Bogor, 5 Rumah Rusak

Saat ini warga sudah dievakuasi ke tempat yang dinilai aman dari jangkauan longsor, sedangkan puluhan kepala keluarga yang tidak mengungsi diminta untuk waspada.

Sebab, masih ada potensi longsor susulan karena hingga malam hujan masih turun di wilayah tersebut.

"Data sementara dua rumah rusak berat tertimpa material longsor dan sekitar 15 rumah terancam."

"Sehingga, pemiliknya untuk sementara diungsikan ke tempat aman guna menghindari hal yang tidak diinginkan terutama saat malam hari," kata Asep.

Kepala Seksi Kesra Kecamatan Campaka Widhy Mulgani, mengatakan hujan deras dengan intensitas lebih dari tiga jam melanda sebagian besar wilayah tersebut.

Akibatnya, tebing setinggi 15 meter di Kampung Kasintu longsor dan menimpa dua rumah warga.

Beruntung saat kejadian delapan orang yang ada di dalam rumah sudah lebih dulu diungsikan ke tempat aman.

Baca juga: Seorang Petani di Bandung Barat Tewas Tertimbun Longsor

Ini meerupakan buah dari pengawasan dan pantauan aparat desa bersama relawan sempat melihat tanda alam akan terjadinya bencana longsor.

Pihak Kecamatan dan BPBD Cianjur, telah mendirikan posko pelayanan termasuk dapur umum bagi warga yang mengungsi.

"Kami sudah mengajukan permohonan bantuan ke Pemkab Cianjur, termasuk bantuan pembangunan kembali rumah warga yang tertimbun longsor yang kemungkinan akan direlokasi ke tempat yang dinilai aman," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com