Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Alternatif Sentul Macet 6 Km Imbas Pendukung Ganjar-Mahfud Parkir Sembarangan

Kompas.com - 09/02/2024, 17:35 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Reni Susanti

Tim Redaksi

 

BOGOR, KOMPAS.com - Kapolsek Babakan Madang AKP Susilo Tri Wibowo mengatakan, kemacetan parah yang terjadi di Jalan Alternatif Sentul, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, akibat adanya parkir liar di bahu jalan.

Alhasil, ruas jalan dari arah Tugu Pancakarsa hingga Stadion Pakansari menjadi sempit.

Pantauan Kompas.com, Jumat (9/2/2024) sore di lokasi, kemacetan parah terjadi sepanjang 6 kilometer tak dapat terhindarkan.

Baca juga: Minta Rp 50.000 dari Pengunjung Kebun Binatang Surabaya, 10 Juru Parkir Liar Ditangkap

Pengendara motor bahkan terlihat maju perlahan dan seringkali berhenti sampai semenit.

Kemacetan yang sudah tak terbendung membuat pengendara saling berdempetan dan tak jarang cekcok karena motornya saling bersenggolan.

Kapolsek Babakan Madang, AKP Susilo Tri Wibowo mengakui, kondisi itu disebabkan membeludaknya kendaraan para pendukung pasangan calon presiden nomor urut 3 yang menghadiri kampanye di Stadion Pakansari, Cibinong.

Baca juga: Merespons soal APK Paslon 02 yang Hilang Jelang Kedatangannya di Banyuwangi, Ganjar: Laporkan Saja!

Ia menyebut sudah ada ribuan pendukung yang hadir di lokasi kampanye.

Parkiran di dalam stadion sudah tidak bisa menampung. Mereka pun parkir sembarangan di pinggir jalan.

"Enggak cukup parkiran di dalam Pakansari, gak kuat menampung mobil dan motor. Jadi mereka parkirnya pada di pinggir jalan," ungkapnya kepada Kompas.com

"Kendaraan parkir di pinggir jalan karenanya di Pakansari gak cukup parkirannya. (Para pendukung yang hadir kampanye) diturunin di alternatif Sentul itu yang akhirnya macet," imbuhnya.

Hingga kini, kemacetan parah masih terjadi. Petugas tampak masih melakukan pengaturan arus lalu lintas di sekitar simpang alternatif Sentul.

Sementara itu, seorang pengendara motor bernama Obon (55) mengeluhkan bahu jalan yang dijadikan parkir sembarangan oleh para pendukung capres nomor urut 3.

Ruas jalan Alternatif Sentul menjadi sempit akibat banyak kendaraan yang parkir sembarangan.

Driver gojek ini pun mengaku terganggu karena menjadi sulit melintas di kawasan tersebut. Meski begitu, ia hanya bisa pasrah karena ini adalah bagian dari kampanye jelang Pilpres 2024.

"Ya pasti terganggu lah kang, kita jadi kesulitan apalagi pejalan kaki. Tapi ya mau gimana lagi, kan," singkat Obon saat ditemui Kompas.com.

Seperti diketahui, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD menggelar kampanye akbar bertajuk "Hajatan Rakyat" di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat (9/2/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com