Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasan Elit Kota Baru Parahyangan di Bandung Barat Terendam Banjir

Kompas.com - 25/02/2024, 22:00 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Ruas jalan di kawasan elit Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, terendam banjir.

Banjir dengan ketinggian 15-25 sentimeter itu terjadi usai hujan deras dengan durasi panjang menerjang wilayah Padalarang pada Minggu (25/2/2024).

Imbas dari banjir tersebut, arus lalu lintas dari arah Bandung-Cianjur terhambat. Pengendara terpaksa harus mengurangi kecepatan demi bisa melintasi genangan dengan selamat.

Baca juga: Terendam Banjir, Akses Jalan Nasional Sumbar-Jambi Terputus

"Ketinggian airnya antara 15 sampai 25 sentimeter, jadi banjir tersebut agak menghambat arus lalu lintas," kata Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banding Barat, Asep Sehabudin saat dihubungi.

Asep mengatakan, banjir di kawasan elit ini merupakan yang pertama kali terjadi semenjak Kota Baru Parahyangan berdiri. Karenanya, banjir tersebut menjadi sorotan. 

"Petugas sudah berada di lapangan, tapi untuk penyebab banjir masih kita telusuri karena banjir di Kota Baru Parahyangan itu baru pertama kali, sebelumnya belum pernah," sebut Asep.

Baca juga: Banjir Demak, Komnas HAM: Pemerintah Perlu Pikirkan Anak Sekolah

Namun demikian, Asep menyampaikan, banjir di ruas jalan Kota Baru Parahyangan itu tidak lama menggenang. Dalam hitungan jam, air di badan jalan sudah kembali surut menyisakan lumpur.

"Untuk melakukan penanganan dan mencari tahu apa penyebab banjir kami akan berkoordinasi dengan pihak manajemen, tapi kemungkinan ada yang tersumbat," paparnya.

Dari hasil pengecekan sementara, manajemen Kota Baru Parahyangan menginformasikan penyebab banjir itu diakibatkan adanya sumbatan di saluran air yang berdampak banjir hingga menggenangi badan jalan.

Hujan deras yang mengguyur wilayah Padalarang ini bukan hanya merendam kawasan elit Kota Baru Parahyangan. Banjir juga terjadi di underpass kawasan Stasiun Padalarang.

"Selain di Kota Baru Parahyangan, banjir di Padalarang juga merendam underpass yang menuju kantor Pemda KBB, jadi masyarakat harus waspada saat hujan deras," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com