Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Jabar Target Rampungkan Rekapitulasi Suara Malam Ini

Kompas.com - 17/03/2024, 21:23 WIB
Faqih Rohman Syafei,
Andi Hartik

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menargetkan rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat provinsi rampung malam ini, Minggu (17/3/2024).

Ketua Divisi Teknis KPU Jabar, Adi Saputro mengatakan, rekapitulasi suara malam ini menyisakan Kabupaten Bekasi.

"Barusan sudah dibacakan hasil pleno di tingkat Kabupaten Bekasi, baik itu tentang jenis pemilihan presiden, wakil presiden, DRP RI, DPD dan jenis pemilihan DPRD provinsi," ujarnya kepada awak media, Minggu (17/3/2024).

Baca juga: Gara-gara Bekasi, KPU Jabar Disindir Ketua KPU RI Hasyim Asyari

Dia menerangkan, usai penghitungan suara untuk Kabupaten Bekasi, akan dilakukan pengesahan. Selanjutnya, hasil dari semua kabupaten dan kota di Jabar akan segera diserahkan ke tingkat nasional.

"Penetapan sebenarnya sudah, paling nanti pengesahan tanda tangan dari masing-masing, dari kami dari KPU povinsi, dan para saksi," ucap Adi.

Baca juga: Pemprov Jabar Kalah di PTUN Lawan Mantan Kepala SMKN 5 Bandung

"Insya Allah kalau selesai malam ini kita langsung ke Jakarta. Jam berapa pun beres kita langsung meluncur ke Jakarta," tambahnya.

Adi menyebut, kendala molornya rapat pleno di tingkat provinsi karena lamanya penghitungan di Kabupaten Bekasi.

Mengingat, di kecamatan tersebut jumlah TPS-ya mencapai 1.222. Bahkan, untuk merampungkannya sudah dibuka tujuh panel di tingkat Kabupaten Bekasi guna mempercepat penghitungan suaranya.

"Karena kan kalau di kabupaten dan kota membacakan lima jenis pemilihan ya, Nah tadi karena Tambun Selatan mungkin pleno di kecamatannya katanya sore ini informasinya selesai," katanya.

"Malam maka lanjut pleno tingkat Kabupaten Bekasi tapi jenis pemilihan DPRD kabupaten, untuk jenis pemilihan yang empat presiden yang DPR RI, provinsi, DPD sudah dibacakan," tambah Adi.

Dia berharap, semoga molornya rapat pleno penghitungan suara di tingkat Provinsi Jabar tidak mengganggu di tingkat nasional.

"Karena kemarin terakhir hanya di Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Yang lainnya sudah selesai, sudah cukup waktunya," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com