Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mogok di Karawang Saat Mudik? Kontak WhatsApp Polres, Bantuan Meluncur

Kompas.com - 02/04/2024, 08:08 WIB
Farida Farhan,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Karawang, Jawa Barat menyiapkan sejumlah langkah demi mengantisipasi kepadatan arus mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Salah satu layanan yang diberikan Polres Karawang adalah pemudik dapat menghubungi nomor WhatsApp "Lapor Pak Kapolres" 082211272003 atau via Instagram Polres Karawang saat mengalami kendala di jalan.

Petugas, kata Kepala Polres Karawang KBP Wirdhanto Hadicaksono, akan melakukan penanganan dan meluncur ke lokasi terjadinya gangguan berdasarkan laporan yang masuk.

"Kami juga ada personel yang keliling di jalan tol maupun arteri. Guna memastikan keamanan dan kelancaran arus mudik maupun balik Lebaran 2024," kata Wirdhanto saat dihubungi Kompas.com, Senin (1/4/2024) kemarin.

Mobil derek

Sebelumnya Wirdhanto menjelaskan, Kepolisian Resor Karawang menyiagakan 10 mobil derek selama musim mudik Lebaran 2024 di Jalan Arteri dan Tol wilayah Karawang.

Kepala Polres Karawang KBP Wirdhanto Hadicaksono mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang, Jasa Marga, dan pihak swasta untuk menyiapkan mobil derek tersebut.

"Total hasil inventarisir kami ada sekitar 10 unit kendaraan derek yang disiagakan. Baik itu punya Dishub, Jasa Marga, dan swasta," kata Wirdhanto

Wirdhanto menyebut, penyiagaan mobil derek ini sebagai upaya penanganan cepat ketika terjadi gangguan di jalur arteri maupun tol.

Misalnya, ketika adanya kendaraan mogok maupun mengalami pecah ban. "Karena jika tidak cepat penanganannya bakal terjadi hambatan sehingga timbul kemacetan," kata Wirdhanto.

Mobil derek akan siaga di sejumlah titik posko pengamanan mudik lebaran 2024.

Antara lain di rest area KM 57 arah Cikampek, dan KM 62 arah Jakarta di Jalan Tol Jakarta - Cikampek, serta posko pengamanan di jalur pantura atau arteri, seperti di Jalan Tanjung Pura, Kosambi dan Cikampek.

"Selain ada standby, juga nanti ada yang mobile mobil derek itu," ujar Wirdhanto.

Dalam Operasi Ketupat Lodaya 2024, sebanyak 1.756 personel akan disiagakan mulai 4 April hingga 16 April 2024.

"Pengaturan lalu lintas sedang kami siagakan. rekayasa lalu lintas hingga koordinasi dengan Pemda Karawang untuk sarana prasarananya jalan maupun penerangan jalan," kata Wirdhanto.

Ada pun jumlah posko pelayanan dan posko pengamanan disiapkan pada 54 titik yang tersebar di jalur arteri maupun jalan tol.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com