Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akses ke Stasiun Kereta Cepat dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek Dibuka

Kompas.com - 06/04/2024, 19:55 WIB
Agie Permadi,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANDUNG,KOMPAS.com-Akses masuk dan keluar menuju Stasiun Kereta Cepat Halim dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek dibuka pada Sabtu (6/4/2024). 

Jalur itu dibuka mulai 06.00 WIB sampai 22.00 WIB, menyesuaikan jadwal Kereta Cepat Whoosh.

Senior General Manager Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati menjelaskan, pengguna jalan yang menuju Stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim atau menuju Jalan DI. Panjaitan akan melakukan transaksi di Gerbang Tol (GT) Halim 3 di akses tersebut dengan tarif Wilayah I Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebesar Rp 5.500 untuk kendaraan Golongan I.

Baca juga: Perusahaan Brunei Ingin Bangun Kereta Cepat Lintasi IKN dan Malaysia, Ini Tanggapan Pj Gubernur Kalbar

 

Akses masuk dan keluar ini hanya bisa dilewati oleh kendaraan kecil dan bus, tidak untuk kendaraan besar atau kendaraan angkutan barang.

"Pengoperasian ini juga menjadi upaya peningkatan pelayanan Jasa Marga kepada pengguna jalan tol selama arus mudik dan balik dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1445H. Dengan dioperasikannya akses ini, diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat yang ingin menuju Stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim langsung melalui jalan tol," ujar Widiyatmiko dalam keterangannya, Sabtu.

Jasa Marga akan mengoperasikan dua gardu di GT Halim 3 yang nantinya akan membantu melayani kendaraan yang masuk dan keluar Stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Baca juga: Pengoperasian Stasiun Karawang untuk Kereta Cepat Tinggal Tunggu Izin Pemerintah

Berdasarkan data PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC), jumlah rata-rata kendaraan yang mengakses stasiun tersebut adalah 3.500 kendaraan pada akhir pekan dan 4.000 kendaraan pada hari kerja.

Jasa Marga bersama PT KCIC, Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan dan polisi akan terus memantau operasional akses KM 1+842 Jalan Tol Jakarta-Cikampek untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan tol yang melintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com